Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Sampah Makanan Usai Nonton di Bioskop, Mengapa Penting?

Kompas.com - 26/08/2022, 21:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video membuang sampah makanan pada tempatnya usai nonton bioskop, tidak asing bagi pencinta film di Tanah Air.

Video tersebut merupakan upaya pengelola bioskop mengedukasi masyarakat perihal penanganan sampah. 

Head Corporate Communications anda Brand Cinema XXI Dewinta Hutagaol mengatakan, penonton bioskop di Indonesia sudah mulai peduli terhadap sampah makanan. 

"Ada yang sudah disiplin (membuang sampah pada tempatnya) dan ada juga yang belum, ini tergantung lokasi bioskopnya," kata Dewinta saat ditemui oleh Kompas.com di Bintaro X Change pada kamis (25/8/2022).

Baca juga:

Ia menilai kepedulian penoton bioskop terhadap sampah justru mulai membaik dibanding beberapa tahun sebelumnya.

"Paling tidak, sudah jarang ada tumpahan popcorn dan minuman soda. Biasanya kalau ada tumpahan minuman itu kita harus ganti kursinya," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa waktu yang dibutuhkan bagi petugas bioskop untuk membersihkan sampah sebelum film selanjutnya tayang yaitu sekitar 15 hingga 20 menit.

"Kalau filmnya tidak terlalu box office, bisa kurang dari 10 menit. Kalau yang box office, dalam artian kursi penonton penuh sampai ke depan, itu kita kasih waktu (pembersihan) sedikit lebih lama," katanya.

Ilustrasi bioskopMaster1305 Ilustrasi bioskop

Ia menjelaskan sampah makanan yang dibuang pada tempatnya, dapat membantu jadwal film bioskop memiliki jeda lebih pendek sehingga film tidak tayang terlampau malam bagi penonton.

Tidak hanya itu, sikap tersebut secara tidak langsung juga ia sebutkan mengedukasi anak-anak yang datang ke bioskop.

Peduli terhadap kebersihan bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, mulai dari bertanggung jawab terhadap sampah bekas makanan sendiri.

Cinema XXI sendiri menurut Dewinta telah melakukan edukasi disiplin sampah kepada penonton bioskop melalui beberapa saluran.

Seperti video edukasi yang ditayangkan di layar sebelum film dimulai, edukasi secara terbuka melalui media sosial Cinema XXI, dan keberadaan tempat sampah yang mencolok di depan layar setelah film usai.

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com