Kompas.com - 16/09/2020, 20:09 WIB
Ilustrasi orang makan di bioskop. Dok. Shutterstock/Tyler OlsonIlustrasi orang makan di bioskop.


KOMPAS.com – Membawa makanan dan minuman dari luar bioskop ke dalam studio tak dapat dipungkiri kerap dilakukan orang Indonesia.

Beragam hal jadi alasan kenapa mereka memilih untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau dari restoran di luar bioskop.

Namun sebenarnya, bagaimana aturan dari pengelola bioskop mengenai hal ini?

Baca juga: Makanan Paling Aneh yang Pernah Diseludupkan Penonton Bioskop Indonesia

“Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar Cinema XXI," kata Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI,Dewinta Hutagaol pada Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

"Oleh karenanya sebelum memasuki lingkungan bioskop pengunjung akan menjalani pemeriksaan barang bawaan,” lanjut Dewinta.

Larangan membawa makanan dan minuman ini membuat aktivitas orang yang sering membawa makanan dan minuman dari luar bioskop adalan tindakan ilegal atau melanggar aturan.

Baca juga: Makan di Area Restoran Dilarang, 9 Aturan untuk Restoran dan Warung Makan di Jakarta Selama PSBB

Ilustrasi Cafe XXI di Cinema XXIDok. Instagram @xxicafe_id Ilustrasi Cafe XXI di Cinema XXI

Sanksi dari pihak bioskop

Sejauh ini, menurut Dewinta, pihak Cinema XXI belum menerapkan sanksi khusus bagi para penonton yang kedapatan membawa makanan dan minuman dari luar.

Hal yang dilakukan pihak Cinema XXI adalah berupa tindakan preventif, yaitu dengan melakukan pengecekan barang bawaan di pintu masuk oleh petugas keamanan.

Baca juga: Kemenparekraf: Labelling I Do Care agar Orang Merasa Aman Makan di Restoran

“Bila pengunjung kedapatan membawa makanan dan minuman dari luar kami meminta pengunjung untuk menitipkan makanan dan minuman mereka di tempat yang telah disediakan oleh Cinema XXI,” jelas Dewinta.

Setelah bioskop kembali diperbolehkan beroperasi, bila lapar atau haus pengunjung diimbau untuk membeli langsung di Café XXI yang ada di dalam Cinema XXI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.