Kompas.com - 18/08/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Punya sisa pasta seperti spageti atau lasagna di rumah? Jangan dulu dibuang, simpan dengan cara yang tepat dan hangatkan kembali dengan cepat tanpa takut mengering. 

Cocok untuk menu sarapan praktis yang mengenyangkan. Dilansir dari laman All Recipes, ada lima cara memanaskan makanan seperti pasta yang bisa kamu ikuti dengan mudah. 

Baca juga:

1. Rebus

Sebelum disimpan di lemari es, pisahkan spageti dengan sausnya. Hal ini untuk memudahkanmu dalam menghangatkannya kembali.

Siapkan wajan bersih, tuang air dan garam secukupnya. Panaskan hingga mendidih, kemudian celupkan pasta selama satu menit.

Setelah itu, angkat dan tiriskan. Cepat angkat agar pasta tidak menjadi lembek.

2. Panggang

Kamu juga bisa memanaskan sisa pasta di rumah dengan cara dipanggang dalam oven. Taruh pasta di loyang tutup dengan alumunium foil.

Panggang dalam suhu sekitar 176 derajat celsius selama 15 hingga 20 menit. Cara menghangatkan kembali pasta di oven bisa membuat kerenyahannya kembali.

Buka alumunium foil dan beri taburan keju di atasnya. Kalau kamu khawatir hasil dari pasta yang dihangatkan akan menjadi kering. Tambak saus dengan beberapa tetes air di loyang.

Cara ini bisa dilakukan tanpa mengubah rasa dan tekstur.

Ilustrasi rebus spageti dalam air mendidih. SHUTTERSTOCK/CKP1001 Ilustrasi rebus spageti dalam air mendidih.

3. Saute

Kamu bisa mencoba menghangatkan sisa pasta di atas kompor. Metode saute bisa kamu coba untuk pasta seperti spageti yang dilapisi saus agar hasilnya tidak kering.

Tuang sedikit minyak zaitun atau minyak goreng yang ada di rumah, masak dengan api tinggi. Tuang pasta di atasnya dan tumis cepat selama dua sampai lima menit.

Baca juga:

4. Gunakan microwave

Kamu bisa menggunakan microwave untuk memanaskan pasta. Masukkan pasta ke dalam piring tahan panas dan beri tetesan air agar pasta tidak kering.

Kamu bisa menggunakan minyak agar hasilnya tidak saling menempel atau kering.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.