Kompas.com - 13/05/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Jamur krispi mungkin menjadi salah satu gorengan yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Mall. 

Umumnya, jamur krispi dijual dengan olahan kentang atau frozen food lainnya. Cara membuat jamur krispi renyah tahan lama ala kedai gorengan tidaklah sulit. 

Baca juga: Resep Jamur Krispi, Bisa Pakai Merang atau Tiram

Namun kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak lembek atau menjadi keras. 

Simak beberapa tips membuat jamur krispi renyah dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

Baca juga: Resep Jamur Krispi Saus BBQ dengan Bahan Murah 

1. Cuci jamur tiram 

Jamur tiram bisa kamu pilih menjadi jamur krispi karena memiliki tekstur yang mirip dengan ayam. Selain itu, jamur tiram memiliki harga yang relatif murah. 

Sebelum diolah, kamu perlu membersihkan jamur tiram terlebih dahulu. Dilansir dari laman The Kitchn, jamur tiram harus dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran tanah yang menempel. 

Kalau jamur tiram sudah cukup bersih, angkat dan tiriskan. Remas agar airnya keluar semua. Kamu juga bisa menggunakan tisu dapur untuk mengeluarkan air dari jamur.

Baca juga: 5 Beda Jamur Kancing dan Jamur Merang, dari Asal hingga Nutrisi

2. Rebus atau kukus jamur tiram 

Dilansir dari buku "Kursus Wirausaha - Menjadi Pengusaha Ayam Goreng & Jamur Krispi" (2013) oleh Yuyun Alamsyah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, jamur tiram dikukus atau direbus selama 10 menit. 

Setelah itu, tiriskan jamur agar airnya keluar. Rendaman air harus keluar antara 50 sampai 60 persen agar jamur lebih ringan dan volumenya lebih mekar. 

3. Gunakan dua bahan pelapis 

Cara membuat jamur goreng tepung renyah tahan lama yang selanjutnya adalah dengan menggunakan dua bahan pelapis. Gunakan lapisan tepung kering dan lapisan tepung basah. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.