Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2022, 17:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi salah satu kuliner pedas dan gurih khas Bandung, yaitu seblak.

Ada banyak penjual seblak di Kota Bandung, salah satunya yaitu Seblak Sultan.

Kompas.com berkesempatan untuk berbincang melalui sambungan telepon dengan pemilik sekaligus pengelola Seblak Sultan, Nendi Angga Kusuma.

Nendi menceritakan mulai membuka bisnis seblak sejak 2014 dan tidak akan menyangka bahwa seblak buatannya akan dikenal luas hingga ke luar Bandung.

"Dulu buka usaha seblak karena putus asa tidak tau ingin berjualan apa. Waktu itu (2014) kepikiran untuk bikin seblak, tapi ga pernah membayangkan akan dikenal seluas ini," katanya saat dihubungi oleh Kompas.com pada Senin (7/3/2022).

Ia mengatakan, selain rasa dan harga seblak yang ditawarkan, penggunaan topping yang cukup banyak membuat Seblak Sultan menjadi salah satu pilihan masyarakat.

Baca juga:

Ilustrasi seblak pentol di Seblak Sultan.Dok. Instagram @seblaksultan Ilustrasi seblak pentol di Seblak Sultan.

Ada 30 pilihan topping seblak

Hingga saat ini ada sekitar 30 jenis pilihan topping yang ada di Seblak Sultan, dan 23 topping di antaranya menjadi pilihan favorit pelanggan.

Topping yang disediakan di Seblak Sultan seperti kerupuk, cilok, basreng, otak-otak, makaroni, kwetiau, tulang, ceker, kikil, telur puyuh, siomai, batagor, sayuran, dan lain-lain.

Topping dan bumbu yang digunakan Seblak Sultan sudah diproses terlebih dahulu. Sehinga durasi memasak seporsi seblak bisa menjadi lebih singkat.

"Kalau di Seblak Sultan, semua topping sudah dicuci dan matang, termasuk bumbu dan kuah kaldu yang digunakan. Kita sudah targetkan, durasi yang dibutuhkan untuk memasak seporsi seblak yaitu maksimal satu menit," katanya. 

Cita rasa gurih dan pas dari seporsi seblak tidak hanya berasal campuran bumbu seblak yang digunakan, tetapi juga dari kuah yang digunakan.

Nendi mengatakan, supaya rasa seblak lebih enak, ia tidak menggunakan air biasa untuk campuran kuah seblak. Tetapi menggunakan kuah kaldu hasil rebusan tulang dan ceker ayam. 

Harga yang ditawarkan untuk seporsi seblak di Sultan yaitu mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 18.000. 

Lokasi Seblak Sultan ada di Jalan Sultan Tirtayasa Nomor 27, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Seblak Sultan buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com