Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Combro Maknyusss, Berawal dari Iseng Kini Pasarkan Produk hingga ke Singapura

Kompas.com - 01/03/2022, 12:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Combro adalah jajan tradisional khas Sunda yang terbuat dari singkong. Nama combro sendiri merujuk dari akronim 'oncom dijero'.

Jika mulanya combro hanya dijual oleh pedagang kaki lima, kini mulai ada combro yang dipasarkan secara daring. Seperti halnya dengan Combro Maknyusss.

Usaha rumahan ini sukses memasarkan produknya melalui ojek daring dan marketplace. Pengirimannya bahkan hingga ke Singapura.

Baca juga:

Lebih jauh mengenai Combro Maknyusss simak dalam ulasan berikut. 

Ilustrasi combro di dalam piring saji, produk dari Combro Maknyusss.Dok. Combro Maknyusss Ilustrasi combro di dalam piring saji, produk dari Combro Maknyusss.

Buka saat pandemi

Pemilik usaha Combro Maknyusss Chelsia kepada Kompas.com mengatakan bahwa usaha ini baru bukasaat pandemi, sekitar pertengahan 2020.

Usaha ini bermula dari kegemaran ayah Chelsia membuat camilan, salah satunya combro.

Karena merasa bahwa rasanya enak, Chelsia lantas berinisiatif untuk menjualnya ke teman-temannya. Tanpa disangka ternyata teman-teman Chelsia pun menyukainya.  

Baca juga:

Berangkat dari hal tersebut, Chelsia lalu mencoba memasarkan produknya melalui aplikasi ojek daring. Sejak saat itulah Combro Maknyusss mulai dikenal. 

"Jujur awalnya iseng. Ayah saya bikin di rumah, jadi parut singkong sendiri di rumah. Terus ada satu hari ayah saya bikin combro, saya cobain kok enak, ini boleh juga nih kalau kita coba jual," tutur Chelsia pada Sabtu (26/02/2022). 

"Awalnya tawarin ke teman-teman yang mau oh ternyata banyak yang suka juga. Responnya sejak buka PO ya lumayanlah, maksudnya ada saja," tambahnya. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com