Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mac And Cheese Kering? Hindari 5 Kesalahan Saat Membuatnya Ini

Kompas.com - 08/01/2022, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Mac and cheese adalah masakan asal Amerika Serikat yang terbuat dari makaroni elbow yang direbus dan dimasak dengan saus yang creamy.

Cara membuat mac and cheese cukup mudah. Kamu bahkan bisa membuatnya tanpa oven dan perlu mematangkannya di atas kompor.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari agar hasil mac and cheese buatanmu tidak kering.

Melansir dari laman The Kitchn, berikut lima kesalahan saat membuat mac and cheese yang membuatnya tidak creamy atau kering.

Baca juga: Resep Mac and Cheese ala Film Home Alone, Pakai 3 Bahan Saja

1. Tidak menggunakan keju yang cukup

Bahan utama membuat mac and cheese adalah makaroni dan keju. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan takaran keju yang cukup untuk melapisi semua makaroni.

Menggunakan keju dengan takaran yang tidak tepat bisa membuat hasil dari mac and cheese kering.

2. Menggunakan jenis pasta yang salah

Memilih pasta untuk membuat mac and cheese tidak boleh sembarangan. Hal ini untuk memaksimalkan hasil dari mac and cheese buatanmu.

Gunakan jenis pasta yang memiliki ketebalan cukup, tidak terlalu tipis atau panjang seperti spaghetti dan linguine. Hal ini agar pasta bisa terlapisi keju dengan maksimal.

Salah satu jenis pasta yang disarankan adalah elbow macaroni, shells, dan campanelle.

Baca juga: Resep Mac And Cheese Lumer, Spesial Pakai Sosis

Mac and cheese Cheetos ala Instagram @my.foodplace. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Mac and cheese Cheetos ala Instagram @my.foodplace.

3. Memasak pasta terlalu lama

Pastikan kamu memasak pasta atau makaroni dalam waktu yang cukup. Memasak pasta terlalu lama bisa membuat hasilnya lembek dan mudah hancur.

4. Terlalu menggunakan bahan cair dalam saus

Mac and cheese yang creamy mungkin idaman semua orang. Namun, menambahkan banyak bahan cair ke dalam saus bisa membuat mac and cheese menjadi seperti sup.

Sebaiknya, tuang bahan cair sedikit demi sedikit sambil aduk makaroni di atas panci. Kalau tekstur dari mac and cheese sudah terasa lembut, baiknya berhenti menuangkan bahan cair.

Baca juga: Resep Mac and Cheese Cheetos Anti Ribet, Bisa buat Sarapan

5. Tidak menggunakan campuran keju

Salah satu penyebab mac and cheese menjadi cepat kering ada pada penggunaan keju. Gunakan keju padat yang sudah dicampurkan dengan keju cepat lumer lainnya.

Dalam laman tersebut menyarankan untuk mencampurkan keju seperti fontina, gouda, gruyere, dan Monterey jack yang memiliki rasa khas tajam dengan keju seperti cheddar atau parmesan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com