Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Kopi Susu Kental Manis Kekinian Pendamping Sarapan

Kompas.com - 16/09/2021, 15:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Susu kental manis dapat menjadi varian nikmat bagi pecinta kopi. Ada berbagai berbagai macam jenis minuman kopi di Indonesia, seperti espresso, caffe latte, macchiato dan lainnya.

Masing-masing jenis itu dibuat dengan cara dan komposisi berbeda, entah itu espresso based dengan campuran susu, krim atau berbagai jenis gula. Ada juga yang dinikmati lewat manual brew.

Kopi susu merupakan salah satu tren kopi di Indonesia yang masih kuat bertahan hingga saat ini. Tidak hanya itu, kopi susu juga kerap menjadi pilihan kita sebagai pelengkap sarapan.

Jika kamu ingin menambahkan susu, kamu bisa mencoba kental manis Frisian Flag yang memiliki beberapa varian, salah satunya Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold, dalam kemasan kaleng, pouch dan kemasan sachet yang praktis dan ekonomis.

Kamu dapat membuatnya sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan sederhana. Di bawah ini ada beberapa menu susu kopi yang layak dicoba di rumah dengan varian susu kental manis:

1. Es Kopi Susu Jelly

Ilustrasi Kopi Susu JellyDOK. FRISIAN FLAG INDONESIA Ilustrasi Kopi Susu Jelly

  • Siapkan 1 sachet kopi instan
  • 1 sachet susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold
  • Jelly rasa cokelat
  • Air panas, dan es batu.

Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold dipilih menjadi pilihan karena merupakan satu-satunya susu kental manis mengandung susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak).

Cara membuatnya mudah, seduh kopi dengan air panas, lalu tambahkan susu kental manis Frisian Flag Gold yang sesuai dengan rasa yang dinginkan. Potong tipis panjang jelly cokelat, masukkan ke dalam gelas. Tambahkan kopi susu yang sudah dingin plus es batu.

2. Kopi Susu Wedang Jahe

Bahan-bahan:

  • 6 cm ruas jahe
  • 2 sdm kopi
  • 4 sdm susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold
  • 100 gram gula merah dan 500 ml air.

Cara membuatnya mudah, cuci jahe yang sudah dikupas, lalu geprek. Rebus jahe bersama gula merah dan air. Setelah mendidih, tuangkan dalam gelas yang telah ditambahkan kopi, aduk hingga tercampur rata.

Sentuhan terakhir, tambahkan susu kental manis Frisian Flag Gold baru disajikan. Tidak hanya nikmat, susu kental manis Frisian Flag Gold dalam tiap sachet susu kental manis juga mengandung 130kkal dan sekaligus juga menjadi sumber 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium).

3. Ice Mocha

Ilustrasi Kopi Susu MochaDOK. FRISIAN FLAG INDONESIA Ilustrasi Kopi Susu Mocha

Mocha adalah jenis kopi yang terkenal dari negara Yaman. Di dunia kopi, nama mocha lebih dikenal sebagai jenis minuman kopi yang dicampur dengan susu dan cokelat. Rasanya sangat lezat, perpaduan manis dan gurihnya cokelat membuat kopi susu ini lebih banyak digemari kaum perempuan.

Bahan dan alat yang digunakan sangat sederhana:

  • Kopi bubuk instan tanpa ampas
  • Cokelat bubuk
  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • Air mendidih dan es batu

Cara membuatnya yang pertama seduh kopi terlebih dahulu, lalu campurkan cokelat bubuk dan susu kental manis. Tambahkan gula jika dirasa masih kurang manis, kemudian masukkan es batu. Kamu bisa menambahkan whipped cream dan susu kental manis Frisian Flag Gold di atasnya. Ice mocha ala kafe siap dinikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com