Kompas.com - 29/05/2021, 08:19 WIB
Sate Lele di Bantul KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOSate Lele di Bantul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Olahan ikan lele selama ini banyak dikonsumsi masyarakat seperti pecel lele, mangut lele, hingga abon lele.

Namun di Kabupaten Bantul, salah seorang warganya membuat inovasi menjadikan daging lele menjadi sate.

Bertempat di Jalan Bakulan-Barongan, Bantul atau jika dari Kota Yogyakarta melalui jalan Parangtritis sampai perempatan Bakuan, belok ke kanan.

Hanya sekitar 500 meter kiri jalan jika dari Barat, warung sederhana berwarna hijau tepatnya di Padukuhan Balakan, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis.

Baca juga: Resep Lele Bakar Kecap, Panggang Pakai Teflon biar Praktis

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sana tersedia sate lele, dan olahan lele lainya seperti pecel lele, lele lombok hijau. Warung ini milik Basirun, warga Kapanewon Jetis.

Basirun mengatakan awal pembuatan sate lele ini untuk memanfaatkan daging lele berukuran jumbo yang tidak laku untuk dijual konsumsi pada 2019.

"Lele itu yang laku yang ukurannya kecil atau konsumsi kalau besar malah tidak laku," kata dia

 

Daging lele itu kemudian diakalinya, dengan di-fillet tipis. Lalu ditusuk ke tusukan sate biasa dan dilumuri bumbu mirip sate pada umumnya.

Baca juga: 5 Cara Olah Ikan Lele agar Tidak Bau Amis dan Berlendir

Paling kecil lele yang dimanfaatkan ukuran satu kilogram. Dia mengaku tidak kesulitan mencari ikan lele ukuran besar, karena dirinya memiliki kolam.

"Dari lele jumbo itu yang bisa dimanfaatkan untuk sate sekitar 40 sampai 50 persen," kata Basirun ditemui di warungnya Kamis (28/5/2021).

Sate Lele di BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Sate Lele di Bantul

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X