Rasakan Cita Rasa Kopi Gayo dengan Suasana Rumahan di Takengon

Kompas.com - 14/01/2021, 10:11 WIB
Aneka kopi di ARB Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBOAneka kopi di ARB Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah

ACEH TENGAH, KOMPAS.com – Sejumlah keluarga duduk santai di halaman rumah yang kemudian disulap menjadi kafe di Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Kafe Itu bernama ARB Coffee 

Sore itu, saya berkunjung bersama keluarga setelah tiga jam menempuh perjalanan dari Lhokseumawe, Aceh.

Lokasi ini terletak di samping Hotel Bunda, masuk agak ke dalam sekitar 30 meter dari jalan besar tak mengurangi minat wisatawan bersantai di sana.

Baca juga: Roti Samahani di Lhokseumawe, Camilan Pendamping Minum Kopi Sanger

Udara dataran tinggi Aceh Tengah meruap begitu turun dari mobil. Lokasi parkir lumayan luas. Sehingga aneka jenis mobil dan sepeda motor pengunjung leluasa diparkir di sana.

Kafe ini menyajikan cita rasa kopi gayo jenis Robusta dan Arabika. Langsung dipanen dari kebun milik sendiri.

“Kami punya kebun sendiri buat kopinya. Jadi, kualitas dijaga sejak dari pohon kopi,” kata Santi, seorang pekerja yang menemui kami, Selasa (12/1/2021).

Suasana ARB di Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Suasana ARB di Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah

Ruangan barista peracik kopi ditempatkan di depan kafe dan berdinding kaca. 

Wisatawan bisa melihat langsung tangan terampil meracik kopi. Beragam alat pengolah kopi modern terlihat di sana.

Baca juga: Mencoba Kopi Rasa Kekinian, Es Teh Kopi dan Es Klepon Kopi

Uniknya, pengelola mempertahankan disain rumahan untuk kafe itu. Jadilah pengunjung merasakan ngopi layaknya di rumah sendiri.

Halaman dihiasi aneka bunga, teras dengan kursi plus bagian dalam dilengkapi alat musik. 

“Jika malam hari, kami menampilkan musik. Pemainnya musisi muda dari Takengon ini,” kata Santi.

Suasana ARB Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Suasana ARB Jalan Lebe Kader Reje Bukit, Simpang Empat, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah

Salah seorang pengunjung Nur Kemala Dewi, menyebutkan kelebihan kafe itu suasana rumahan dengan aneka cita rasa kopi.

“Jadi bisa coba rasa macam-macam. Ini suatu kelebihan, di warung lain bisa jadi hanya espresso atau lainnya saja. Satu rasa. Ini sudah dicampur-campur,” katanya. 

Baca juga: 5 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Sisa Kotoran Luwak dan Gajah

Jika berwisata ke Takengon, tak ada salahnya singgah untuk menyesap kopi di ARB. Kesejukan dataran tinggi akan menemani sepanjang ngopi layaknya di rumah sendiri itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X