Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Susu Lebih Enak Pakai Arabika atau Robusta?

Kompas.com - 10/11/2020, 14:10 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren kopi susu masih hangat-hangatnya sampai saat ini. Bisa dikatakan, orang Indonesia suka minum kopi susu.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu?

Bagi kamu yang hendak membuat kopi susu di rumah lebih baik perhatikan jenis kopi yang akan dipakai. Pasalnya, tidak semua jenis kopi bisa dibuat menjadi kopi susu.

Dalam acara live Instagram “Ngunyah” dari @my.foodplace, co-founder Smoking Barrels Craft Coffee Jonathan Liman (Joni Liman) menjelaskan jenis biji kopi yang cocok untuk dijadikan kopi susu.

Biji kopi yang tepat untuk kopi susu

“Secara umum kopi ada dua jenis yaitu arabika dan robusta. Arabika sendiri memiliki karakter utama dalam bidang rasa yaitu cenderung lebih asam,” ucap Joni Liman dalam acara “Ngunyah”, Kamis ( 5/11/2020).

Ia menambahkan, jenis kopi arabika tak terlalu pahit dibanding robusta. Kandungan kafein arabika pun cenderung lebih rendah.

Baca juga: 4 Beda Kopi Robusta dengan Arabika, Daerah Tumbuh sampai Pengolahan

Sementara robusta memiliki karakter rasa yang lebih pahit, tidak terlalu asam tetapi kandungan kafeinnya tinggi.

Ilustrasi es kopi susu kemasan botolDok. Shutterstock Ilustrasi es kopi susu kemasan botol

“Kalau kita tanya mana yang lebih cocok untuk es kopi susu? Sebenarnya dua-duanya cocok tapi balik lagi ke selera,” ujar Joni.

Peminum es kopi susu ada yang lebih mencari efek kafeinnya. Joni mengatakan, penikmat kopi susu ada yang lebih fokus dengan rasa pahit yang lebih dominan.

Baca juga: 5 Macam Peminum Kopi di Indonesia, Newbie sampai Pencari Promo

Namun sebagai pelaku bisnis coffee roastery, Joni mengatakan bahwa Smoking Barrels Craft Coffee menggunakan biji kopi arabika untuk es kopi susu.

“Dari sisi rasa itu lebih kompleks walaupun ada rasa asamnya dan kalau saya pribadi menghindari kadar kafein yang tinggi, jadi kita lebih memilih pakai arabika,” paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com