Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masak Bumbu Kari Jepang Instan Halal, Bagaimana Rasanya?

Kompas.com - 21/12/2020, 16:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kari khas Jepang punya cita rasa khas yang berbeda dengan kari negara lain. Kari jepang umumnya berwarna cokelat dan dibuat tanpa santan.

Uniknya, bumbu kari jepang dijual dalam versi instan dalam berbagai merek. Bumbu kari instan ini mempermudah proses masak kari yang terkenal repot karena banyaknya bumbu dan rempah.

Salah satu merek bumbu kari jepang instan yang masuk Indonesia adalah House Kari. Bumbu ini diklaim sebagai pionir curry roux halal pertama di Indonesia.

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap Bersama Keluarga

“Rasa kari kepang sangat enak dan disukai banyak orang, khususnya bagi orang Indonesia," kata President Director PT House And Vox Indonesia, Takahiro Kuramochi dari siaran pers yang Kompas.com terima, Sabtu (19/12/2020).

"Kami tahu bahwa Indonesia memiliki ragam menu yang variatif, kaya rempah dan gurih seperti Kari yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia,” lanjutnya.

Rasa kari jepang instan dari House Kari

Kompas.com mencoba memasak bumbu kari jepang instan varian baru dari House Kari yakni rasa spicy atau pedas.

Pada kotak kemasan, terdapat cara memasak bumbu kari yang jelas Berbahasa Indonesia. Caranya sangat mudah, hanya perlu merebus sayuran dan daging dengan air 1,5 liter.

Baca juga: Mengapa Nasi di Jepang Rasanya Enak?

Setelah semua bahan melunak, matikan kompor. Masukkan satu blok kari dari House Kari, kemudian nyalakan kembali kompor dan setel ke api kecil.

Bumbu kari jepang instan House Kari. Kompas.com/Silvita Agmasari Bumbu kari jepang instan House Kari.

Kompas.com lebih suka makan kari dengan kekentalan yang tidak terlalu pekat, karena itu takaran air saya ubah jadi satu liter untuk masak setengah blok House Kari.

Saat dimasak bumbu House Kari ini sangat mudah larut dengan air rebusan sayur. Hal ini menjadi keunggulan dibandingkan dengan bumbu kari jepang instan merek berbeda yang sulit larut.

Baca juga: Resep Roti Canai, Roti Pipih Teman Makan Kari

Setelah kentang, wortel, dan bawang bombai lunak dan kari instan sudah teraduk rata, maka siap dinikmati dengan nasi. Sebagai tambahan lauk saya tambahkan chicken katsu.

Rasa kari jepang instan dari House Kari ini punya rasa yang sangat pas, baik dari tingkat asin dan kepedasan.

Rasa pedas vaianspicy tidak terlalu pedas sampai membakar lidah. Kari juga sangat harum ketika dimasak, wangi rempah-rempahnya menguar.

Bila dibandingkan dengan kari jepang di restoran, bumbu instan ini tidak beda jauh. Cara membuatnya juga mudah, sehingga cocok dimasak untuk pemula.

Bumbu kari jepang instan dari House Kari ukuran 300 gram dijual Rp 50.000 - Rp 60.000 di e-commerce (tergantung varian rasa). Ukuran tersebut diklaim dapat untuk 16 penyajian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com