Fakta Seputar Sate Apjay, Kuliner Legendaris Jakarta dari 1970-an

Kompas.com - 24/09/2020, 15:17 WIB
Setumpuk sate daging dada ayam, di kedai Sate Apjay. Sate tersebut baru menempuh dua tahap, masih ada sekali lagi tehap pembumbuan setelah dibakar dua kali bersama bumbunya. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaSetumpuk sate daging dada ayam, di kedai Sate Apjay. Sate tersebut baru menempuh dua tahap, masih ada sekali lagi tehap pembumbuan setelah dibakar dua kali bersama bumbunya.


KOMPAS.com – Buat kamu pencinta sate mungkin sudah tak asing lagi dengan sate legendaris di Jakarta ini.

Sate Apjay telah eksis sejak tahun 1971. Sate yang berlokasi di Jalan Panglima Polim IX ini bisa dibilang berbeda dari sate yang lain.

Baca juga: 12 Tempat Kuliner Malam Legendaris di Jakarta, Buat Makan di Rumah

Mardi, generasi kedua yang dipercaya sang perintis untuk meneruskan sate Apjay mengatakan bahwa satenya ini masih setia menggunakan resep turun temurun.

Mereka juga hanya menggunakan daging dada ayam saja dari tiap satu ekor ayam.

“Kita cuma pakai daging ayam dadanya saja, kita jamin kalau ada lemak atau kulit di sate daging akan kita ganti sepuluh tusuk, atau satu porsi sate daging Apjay,” kata Mardi pada Kompas.com, Jumat (13/6/2016).

Sate Apjay menggunakan minyak hasil sulingan kacang dan jeruk nipis yang membuat aroma satenya punya wangi khas. 

Berbeda dari sate lain yang biasanya menggunakan lemak untuk memenuhi tusukan dan membuat sate wangi.

Tak itu saja, pria kelahiran Madura ini juga memproses sate Apjay hingga dua kali. Tahap pertama sate dibumbui dan dibakar hingga setengah matang.

Tampilan hidangan sate jampur di Sate Apjay yang terdiri dari sate daging dada ayam, dan sate telur kulit.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Tampilan hidangan sate jampur di Sate Apjay yang terdiri dari sate daging dada ayam, dan sate telur kulit.

Setelah itu, sate yang sudah setengah matang disimpan untuk dijual. Proses pembakaran kedua akan dilakukan ketika pembeli sudah memesan.

Ia juga mengaku bahwa daging ayam yang digunakan hanya menggunakan ayam kate.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X