Tips Membuat Olahan Mi agar Hasilnya Tidak Lembek

Kompas.com - 24/09/2020, 11:40 WIB
Ilustrasi bakmi ayam kuah. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi bakmi ayam kuah.

KOMPAS.com - Mi merupakan bahan makanan yang kerap diolah menjadi beragam sajian. Mulai dari mi rebus, martabak, sampai nugget.

Baca juga: Resep Mi Aceh Kuah, Nikmat Disantap Selagi Hangat

Terdapat 4 jenis mi yang familier di Indonesia. Ada mi segar, basah, kering, dan instan.

Mi segar atau mi mentah, tidak mengalami proses tambahan setelah tahap pemotongan. Sementara mi basah mengalami proses perebusan setelah pemotongan.

Mi kering merupakan mi segar yang dikeringkan. Selanjutnya mi instan adalah mi kering yang diberi tambahan bahan. Proses ini memengaruhi bentuk khas mi yang langsung siap seduh.

Cara membuat mi supaya hasilnya tidak lembek maupun lengket dijelaskan oleh Lilly T. Erwin melalui bukunya "Mi Goreng Dan Mi Rebus Populer Daerah" (2013) yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Pakai mi yang masih baru

Ciri-ciri mi masih baru yaitu kemasan dalam keadaan baik atau tidak berlubang. Selanjutnya bau tidak apek dan teksturnya masih lembut.

Ilustrasi beragam jenis mi mentah. SHUTTERSTOCK/dolphfyn Ilustrasi beragam jenis mi mentah.

Siram air panas sebelum diolah

Sebaiknya siram mi dengan air panas sebelum diolah. Langkah ini bertujuan agar kebersihan mi terjaga.

Selain itu, air panas akan menghilangkan lapisan tepung dan minyak sehingga membuat mi lebih lembut.

Rendam mi kering

Sebelum mengolah mi kering, rendam dulu dengan air panas. Namun, pastikan tidak memakai air mendidih. Cukup air bersuhu sekitar 70 derajat celsius.

Durasi merendam jangan terlalu lama. Hanya perlu waktu 15-20 menit. Setelah itu, segera angkat dan tiriskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X