Kompas.com - 24/09/2020, 17:12 WIB
ilustrasi rempah-rempah ilustrasi rempah-rempah

KOMPAS.com - Ada tiga strategi untuk memperkenalkan dan mengembangkan komoditas rempah Indonesia ke dunia dari Kemenko Kemaritimian dan Investasi.

Staf Ahli Bidang Sosio-Antropologi dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Dr. Thukul Rameyo Adi menyebutkan strategi tersebut terdiri dari kuliner Indonesia go international, promosi domestik kuliner Indonesia, serta destinasi wisata.

"Beberapa studi yang sudah dan sedang dilakukan mereka orang Afrika sangat menyukai rempah kita," kata Rameyo dalam Webinar Menakar Kekuatan UMKM Berbasis Rempah-Rempah di Penjuru Indonesia, International Forum On Spice Route, Kamis (24/9/2020). 

Baca juga: Sejarah Terciptanya Jalur Rempah, Dipengaruhi Budaya Ramah Tamah Nusantara

Ia menyebutkan kuliner Indonesia dapati dikenalkan ke negara yang asing akan makanan Indonesia lewat bumbu dan rempah.

"Kita mulai dengan strategi membumbui masakan mereka dengan bumbu (rempah) kita," kata Rameyo.

Selanjutnya ia menyebutkan bagi negara yang memiliki banyak diaspora Indonesia, dapat memberbanyak restoran dan jasa kuliner Indonesia. Rameyo memberi contoh Australia.

Sementara promosi domestik kuliner Indonesia dilakukan dengan cara mempromosikan pasar rempah, kemasan, branding, dan promosi makanan jalanan.

Baca juga: Sejarah Kuliner Indonesia Jadi Populer di Belanda, gara-gara Koran?

Strategi ketiga yakni destinasi wisata, yang dicontohkan oleh Rameyo adalah tur wisata kuliner ditambah atraksi dan multi sensory culinary (wisata kuliner memanfaatkan beragam indra).

Bentang Nassau, Banda Neira, Kabupaten Maluku TengahKOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Bentang Nassau, Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah

"Kita masih punya budaya dan linterasi tentang rempah jadi kenapa tidak dilakukan?" kata Rameyo.

Dalam hal ini ia berharap yang menggerakan adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKMM).

Baca juga: Peran Muslim China dalam Jalur Perdagangan Rempah Indonesia-Filipina

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X