Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tempat Jajan Terkenal di Bandung, dari Cendol sampai Kue Jadul

Kompas.com - 22/08/2020, 11:35 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Selain terkenal dengan kuliner berat khas Sunda, Bandung juga terkenal sebagai surganya aneka jajanan. Sebut saja cimol, cilok, cuanki, seblak, es cendol, jajan pasar tradisional, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner Legendaris Bandung Sekitar Alun-alun dan Gedung Sate

Beberapa tempat ini adalah tempat jajan terkenal di Kota Bandung. Beberapa di antaranya spesialis menjual satu hal.

Lainnya, kamu bisa berburu banyak jenis camilan sekaligus.
Berikut daftar tempat jajan camilan di Bandung yang bisa coba kamu datangi ketika main ke Bandung.

Ilustrasi cendol. Dok. Shutterstock/Ketut Mahendri Ilustrasi cendol.

1. Es Cendol Elizabeth

Es cendol memang mudah ditemukan di mana-mana. Namun es cendol Elizabeth jadi salah satu yang paling enak dan legendaris di Bandung. Harganya juga terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000 saja per gelas.

Rasanya segar dan legit, butiran cendolnya kenyal dan tidak mudah hancur. Rasa manisnya juga pas, tidak terlalu manis. Selain cendol dan gula, ada pula potongan nangka yang membuat tekstur cendol jadi lebih nikmat.

Di penjuru Bandung banyak penjual cendol yang menggunakan nama Es Cendol Elizabeth. Beberapa di antaranya adalah cabangnya, tapi sebagian besar bukan cabang resmi alias rasanya berbeda jauh dengan aslinya.

Maka dari itu, lebih baik kamu membeli langsung es cendol Elizabeth ke pusatnya, yakni di Jalan Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Bandung.

Selain dijajakan langsung, es cendol Elizabeth juga bisa kamu temukan di supermarket.

Satu porsi perkedel Bondon, dengan sambalasam pedas khas kedai tersebut.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Satu porsi perkedel Bondon, dengan sambalasam pedas khas kedai tersebut.

2. Perkedel Bondon

Perkedel ini jadi salah satu yang legendaris di Bandung. Sebenarnya ini sama saja dengan perkedel biasa yakni dibuat dengan kentang. Hanya saja dimasak dengan cara yang tak biasa yakni dengan arang.

Berlokasi di Jalan Stasiun Timur, No. 14, Kebon Jeruk, Bandung, perkedel Bondon beroperasi mulai pukul 22.30-01.30 WIB. Satu buah perkedel dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 2.000 saja.

Tutut Bumbu Kuah Kuning.Dok. Shutterstock/Sony Herdiana Tutut Bumbu Kuah Kuning.

3. Camilan Pasar Kosambi

Jika kamu ingin membeli camilan kering yang bisa dengan mudah dijadikan oleh-oleh, kamu bisa coba datang ke Pasar Kosambi yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, No. 221-223, Bandung.

Di sini, ada beberapa toko oleh-oleh yang menjual aneka camilan seperti brownies kering, keripik singkong, aneka kerupuk, sampai keripik tempe. Salah satu toko yang bisa kamu kunjungi adalah Sindang Laris yang terletak tepat di gerbang utama Pasar Kosambi.

Selain aneka camilan kering, ada juga penjual yang menjajakan aneka lauk ringan tradisional. Salah satunya adalah tutut yang merupakan keong sawah dimasak dengan bumbu rempah khas Sunda.

Harga aneka camilan ini bervariasi karena diukur per kilogram. Sementara untuk tutut, kamu bisa mendapatkan dengan merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per bungkus.

Ilustrasi cimol sedang digoreng. Dok. Shutterstock/ ACZ.Image Ilustrasi cimol sedang digoreng.

4. Kawasan Cisangkuy

Di Jalan Cisangkuy, Bandung, terdapat kawasan kuliner dengan beragam jajanan dari camilan hingga makanan berat. Jalan Cisangkuy terletak tak jauh dari Gedung Sate dan Museum Geologi Bandung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com