8 Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming, dari Chili Pari sampai Mangkok Ku

Kompas.com - 18/07/2020, 15:35 WIB
Beragam menu tradisional Indonesia yang dikemas secara modern di Mangkok Ku dan Goola SYIFA NURI KHAIRUNNISABeragam menu tradisional Indonesia yang dikemas secara modern di Mangkok Ku dan Goola

KOMPAS.com - Gibran Rakabuming dikenal sebagai pengusaha kuliner dengan membangun banyak tempat makan sampai minum.

Baca juga: Perjalanan Gibran Jadi Cawalkot Solo dan Instruksi Megawati...

Gibran telah merintis bisnis kuliner sejak berusia 23 tahun. Tak main-main ada 8 bisnis kuliner milik ayah dari Jan Etes ini.

Berikut 8 bisnis kuliner yang dimiliki Gibran Rakabuming Raka:

1. Chili Pari

Layana katering Chili Pari di Solo, Jawa Tengah. Dok. Chili Pari Layana katering Chili Pari di Solo, Jawa Tengah.

Bisnis pertama milik Gibran Rakabuming Raka menyedikan jasa one-stop wedding solution yang berbasis di Kota Solo, Jawa Tengah.  Chili Pari resmi melayani pelanggannya pada akhir tahun 2010 lalu.

Selain menyediakan makanan, bisnis ini juga menawarkan layanan gedung, suvenir, undangan, Master Ceremony (MC), mobil pengantin, dekorasi, rias pengantin, dokumentasi, sound system.

Selain itu, pemakai jasa dapat berkonsultasi secara gratis, terkait rencana pernikahan yang akan digelar.

Hidangan yang disediakan oleh Chili Pari fokus pada masakan Jawa dengan konsep yang berbeda yaitu “Traditional Taste, Modern Touch”.

Selain itu Chili Pari juga berinovasi menghidangkan sajian bergaya Japanese, italian, Chinesse, Western dengan pemesanan minimal 250 pak.

2. Markobar

Martabak delapan rasa yang jadi andalan MarkobarKompas.com/Mentari Martabak delapan rasa yang jadi andalan Markobar

Para pecinta martabak pasti kenal dengan salah satu bisnis kuliner yang dibangun Gibran ini. Markobar memiliki produk unggulan yaitu martabak manis.

Martabak yang disajikan berbentuk seperti pizza dan tidak ditumpuk, martabak manis diisi dengan berbagai macam topping premium. 

Delapan varian toping menarik disediakan untuk pembeli seperti cokelat Toblerone, cokelat Ovomaltime, KitKat cokelat, green tea matcha, Silverqueen, Tim Tam Red Velvet, Nutella dan Oreo.

Selain martabak manis, gerai ini juga menyediakan martabak tipis kering.

Markobar tak hanya ditemukan di Solo tapi juga beberapa kota besar di Indonesia diantaranya, Jakarta, Bandung, Bali, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Medan, dan seterusnya.

3. Pasta Buntel

Pasta Buntel merupakan usaha kuliner yang dikembangkan Gibran bersama tiga temannya pada Oktober 2015.

Sesuai namanya, prduk yang dijajakan adalah pasta yang memiliki varian rasa dan isian khas Indonesia.

Berbeda dengan pasta umumnya, pasta akan dibumbui degan bumbu khas Nusantara yang dibungkus dengan daun pisang.

Cara memasak pasta juga unik, tak seperti pasta dari negeri asalnya Italia, pastel buntul milik Gibran dimasak dengan cara dibakar layaknya pepes.

Ada beragam varian rasa yang disediakan diantaranya original, bumbu rendang, opor, sambal hijau, dan lain-lain.

4. Goola

Es doger dari Goola.Kompas.com/Silvita Agmasari Es doger dari Goola.

Kalau bisnis kuliner Gibran satu ini menyajikan es tradisional yang biasanya dijajakan di pinggir jalan, tapi dikemas lebih modern.

Goola yang menyajikan minuman khas Indonesia ini resmi dibuka oleh Gibran pada Juli 2019.

Baca juga: Gibran dan Kaesang Resmikan Goola x Mangkok Ku di Mal Kokas Jakarta

Gerai ini menyediakan 22 menu khas Indonesia yang dikemas ala minuman café kekinian. Beberapa menu di antaranya es doger, es cincau, es blewah, asam jawa, dan ketan hitam

Saat ini Goola memiliki gerai di 5 lokasi, di antaranya Cikini (gerai Markobar), Pacific Place,Tokopedia Tower, Foodhall Plaza Indonesia, dan Padang Merdeka Mall Kelapa Gading. Harga menu minuman Goola cukup terjangkau, mulai dari Rp 18.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X