Jastip Jajan Makanan Sedang Tren di Jakarta, Apa Alasannya?

Kompas.com - 22/06/2020, 20:09 WIB
Ilustrasi dimsum siomay. Dok. Shutterstock/gilangtristianoIlustrasi dimsum siomay.


JAKARTA, KOMPAS.com – Jasa titip atau jastip jajan makanan Jakarta akhir-akhir ini menjadi tren.

Para pelaku jastip akan membelikan dan mengirimkan aneka camilan di Jakarta. Jastip jajan makanan ini juga sempat dipromosikan di akun kuliner Dari Halte Ke Halte di Instagram dan Twitter.

Layanan jastip jajanan Jakarta ini sangat diminati khususnya di masa pandemi, apa alasannya?

“Ada satu pelangganku yang bilang kalau dia memang masih takut keluar rumah," jelas Kirana Gayatri, salah satu pelaku jastip di sekitar area Jakarta ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Viral Jastip Jajanan Jakarta, Siap Antar ke Penjuru Jakarta sampai Luar Kota

Kirana mengatakan pelanggan jastipnya tersebut kebetulan kerja dari rumah, sehingga memang mengurangi aktivitas di luar rumah.

Selain itu, menurut Kirana, banyak juga pelanggannya yang menggunakan jastip karena lokasi gerai jajanan yang terlalu jauh dari tempat tinggalnya.

Hal berbeda disampaikan oleh Tenri Gobel, ia mengaku menggunakan layanan jastip karena murah ongkos kirimnya.

“Kebetulan mau coba semuanya tapi kalau pakai ojek online kan mahal ya jatuhnya karena satu-satu. Kalau pakai jastip sekali ongkir kayak Rp 20.000 sudah semua tempat gitu,” papar Tenri ketik dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Ilustrasi roti bakar, salah satu makanan yang laku dipesan pada jastip jajanan Jakarta. SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi roti bakar, salah satu makanan yang laku dipesan pada jastip jajanan Jakarta.

Ia sempat menitip beli Choipan Manie, Dimsum Arsyif, Roti Agus Robaba, Bakwan Pontianak, dan Roti Srikaya TetFai. Tenri menyebutkan, hanya perlu ongkos kirim Rp 20.000 saja untuk semua pesanannya itu.

Beda dengan Tenri, ada Ilham Adiputra yang menggunakan jasa titip jajanan antar kota, dari Jakarta ke Bbandung.

Baca juga: Jastip Jajanan di Jakarta, Ini Makanan yang Paling Laku Dipesan

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X