Viral Jastip Jajanan Jakarta, Siap Antar ke Penjuru Jakarta sampai Luar Kota

Kompas.com - 22/06/2020, 13:23 WIB
Ilustrasi jasa titipan atau jastip yang kembali marak di Jakarta dan Bandung. SHUTTERSTOCK/SORAPOP UDOMSRIIlustrasi jasa titipan atau jastip yang kembali marak di Jakarta dan Bandung.

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena jasa titip atau biasa disingkat jastip akhir-akhir ini kembali viral.

Banyak jastip yang muncul menawarkan jasanya membelikan aneka jajanan di Jakarta untuk kemudian dikirimkan ke banyak wilayah entah di Jakarta, Jabodetabek, hingga luar provinsi.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen, Konsep Bisnis Kuliner yang Marak Saat Pandemi

Jastip ini melayani jasa pembelian dan pengiriman aneka jajanan yang populer lewat akun sosial media Dari Halte Ke Halte (DHKH) di Instagram dan Twitter.

Salah satu pelaku jastip tersebut adalah Kirana Gayatri.

Kirana melayani jastip jajanan Jakarta di daerah-daerah yang searah dengan rumahnya seperti Sudirman, Kuningan, Setiabudi, Senayan, Blok M, Panglima Polim, Fatmawati, Antasari, dan Radio Dalam.

Kirana memulai aktivitas jastip ini pasca Lebaran bulan lalu. Ia melakukannya untuk mengisi waktu di sela-sela waktu libur kerja yang ia miliki.

Ilustrasi driver jasa pengiriman makanan pakai masker. SHUTTERSTOCK/TRAVELERPIX Ilustrasi driver jasa pengiriman makanan pakai masker.

“Aku kerja di daerah Sudirman, kebetulan kantorku sejak April itu menerapkan work from home (WFH) tapi karena kerjaanku enggak bisa dibawa pulang, akhirnya aku tetap ke kantor tapi hanya 2-3 hari tiap minggunya,” jelas Kirana ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

“Karena aku enggak ada kegiatan lain, jadi aku coba open jastip untuk daerah rumahku saja. kebetulan juga aku belum pernah coba makanan rekomendasi DHKH itu jadi sekalian,” sambung dia.

Di sela-sela hari liburnya itulah, 2 hari di antaranya ia membuka layanan jastip jajanan DHKH. Biasanya, Kirana menetapkan ongkir jastip yang harus dibayar pelanggannya sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000.

“Tergantung apakah mereka pick-up atau aku deliver sampai rumah. Dan consider di lokasi rumahnya, apakah jauh dari jalan raya atau enggak,” papar Kirana.

Setiap kali melayani jastip, Kirana bisa mengantar pesanan ke 6-8 tujuan berbeda. Karena mengantar menggunakan motor pribadi, ia tak berani untuk mengambil lebih banyak pesanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X