Jangan Buang Cangkang Telur, Ubah Jadi Wadah Semai Biji dan Kompos

Kompas.com - 22/06/2020, 12:12 WIB
Ilustrasi cangkang telur dijadikan media tanam. SHUTTERSTOCK/DUO STUDIOIlustrasi cangkang telur dijadikan media tanam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila punya cangkang telur lebih baik jangan dibuang, karena bisa bermanfaat untuk produksi tanaman di rumah.

Baca juga: Terlanjur Beli Telur Infertil, Sebaiknya Bagaimana?

Sarah Adipayanti, Learning Coordinator Kebun Kumara, mengatakan bahwa kulit telur bisa diubah jadi wadah persemaian dan kompos.

Cangkang telur dapat diberi media tanam di dalamnya, lalu langsung diberikan benih.

Cara ubah cangkang telur jadi wadah semai biji

Sebelum diberi media tanam, potong 1/3 bagian cangkang telur. Beri lubang pada bagian bawah cangkang telur.

"Namun bagian bawahnya harus diberi lubang biar saat disiram airnya bisa keluar, agar benihnya enggak busuk,” jelas Sarah kepada Kompas.com, Minggu (21/6/2020).

Supaya tidak retak, lubangi dari bagian dalam cangkang telur. Jika kamu melubangi cangkang telur dari arah luar maka telur akan mudah pecah.

Setelah cangkang telur dipotong dan dilubangi, masukkan media tanam dan benih.

Ilustrasi proses mengubah cangkang telur menjadi media tanam. SHUTTERSTOCK/SEWCREAM Ilustrasi proses mengubah cangkang telur menjadi media tanam.

Ara menjelaskan bahwa pertumbuhan tanaman akan mengikuti wadahnya.

Semakin besar wadahnya akan semakin besar pula pertumbuhannya. Sehingga lebih baik pindahkan benih yang sudah tumbuh di cangkang telur ke media lain seperti pot.

“Kalau mau tumbuh tunas, atau sudah 2 minggu tumbuh itu bisa bisa aja dipindah, atau  menunggu 4 daun sejati tumbuh nah itu juga bisa dipindah,” tambahnya.

Pemindahan benih yang sudah tumbuh tersebut berguna untuk merangsang agar tanaman cepat tumbuh besar.

Cangkang telur idealnya untuk menyemai benih atau biji-bijian saja. Tidak disarankan menanam rimpang jahe karena ruangnya tidak cukup.

“Yang ideal untuk menyemai benih dan bibit. Kalau jahe dan contoh bawang merah kan itu ditanamnya dengan rimpang dan siungnya, lalu ukurannya juga besar sehingga kurang ideal jika disemai dalam cangkang telur,” jelas Ara.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X