Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Buah dan Sayuran agar Segar Dan Bersih

KOMPAS.com - Mencuci buah dan sayuran sangat penting dilakukan untuk menghilangkan kuman yang menempel pada permukaanya.

Jika tidak hal itu akan sangat berbahaya karenadapat tekontaminasi kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Dilansir dari laman U.S. Food and Drug Administration, terdapat hampir 48 juta orang sakit akibat makanan yang terkontaminasi oleh kuman berbahaya setiap tahunnya.

Glenda Lewis, seorang ahli penyakit makanan terkontaminasi dari Food and Drug Administration (FDA), mengatakan bawha produk pertanian segar dapat terkontaminasi dalam banyak cara.

Selama fase pertumbuhan produk pertanian dapat terkontaminasi oleh hewan, zat berbahaya dalam tanah atau air, dan kurangnya kebersihan di antara pekerja.

Jika memungkinkan, FDA menyarankan untuk memilih produk yang tidak lecet atau rusak dan pastikan jika produk yang sudah terpotong harus disimpan di dalam kulkas atau diatas es baik di toko maupun di rumah.

Berikut merupakan cara menghindari adanya kontaminasi kuman dan bakteri pada buah dan sayuran anda.

Lewis mengatakan sebaiknya konsumen menyimpan buah dan sayur yang mudah membusuk di dalam kulkas pada suhu 40 derajat atau lebih rendah.

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/21/083100975/cara-mencuci-buah-dan-sayuran-agar-segar-dan-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke