Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Cegah Bolu Kempis, Perhatikan Saat Kocok Telur

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat bolu panggang atau kukus di rumah? Sebaiknya, ketahui penyebab bolu gagal agar bisa menghindarinya saat bikinnya nanti. 

Salah satu penyebab bolu gagal adalah bolu kempis saat sudah dingin. Hal tersebut seharusnya bisa kamu hindari dengan mengikuti tips membuat bolu dari buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2022) oleh E. Novita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

  • 7 Cara Membuat Bolu Karamel Hasil Lembut dan Bersarang
  • 4 Cara Membuat Bolu Marmer Panggang, Jangan Pakai Gula Pasir
  • 5 Cara Membuat Bolu Gulung Kekinian, Dinginkan agar Semakin Nikmat

1. Kocok putih telur

Salah satu bahan untuk membuat bolu mengembang adalah penggunaan putih telur. Putih telur dikocok terlebih dahulu hingga agak sedikit mengembang. 

2. Masukkan gula 

Setelah putih telur dikocok sampai menjadi agak mengembang, masukkan gula dan kocok agar kedua bahan tersebut menjadi putih dan tercampur rata. 

3. Tambah air jeruk 

Gunakan air jeruk nipis saat mengocok gula dan putih telur. Pastikan kamu memasukkan air perasan jeruk saat telur belum benar-benar mengembang. 

4. Kocok kuning telur hanya sampai pecah 

Sebagian orang yang membuat bolu pasti pernah mengocok kuning telur hingga mengembang. Padahal untuk membuat bolu tidak kempis saat sudah dingin, cukup dengan mengocok kuning telur sampai pecah saja. 

Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2022) oleh E. Novita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/12/09/150900875/4-cara-cegah-bolu-kempis-perhatikan-saat-kocok-telur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke