Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencicipi Makanan Thailand dengan Sentuhan Western di Greyhound Cafe

KOMPAS.com - Pencinta makanan Thailand kembali dimanjakan dengan kehadiran outlet terbaru Greyhound Cafe di Menteng, Jakarta Pusat.

Sama seperti outlet sebelumnya, Greyhound Cafe Menteng menawarkan beragam variasi makanan khas Thailand yang menyegarkan.

Kompas.com berkesempatan mendatangi dan mencicipi langsung beberapa sajian di Greyhound Cafe Menteng.

Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce menjadi makanan pertama yang saya cicipi di Greyhound Cafe Menteng.

Chef Greyhound Thanutchaya Bangriem (Chef Dao) mengatakan, Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce merupakan menu yang wajib dicoba saat datang ke restoran Thailand ini.

"Signature menu di Greyhound Cafe. Tidak amis. Kalau kurang bersih, jadi amis. Harus ada ketumbar, orang Thailand suka menggunakan ketumbar untuk membuat sausnya biar enak," ujar Dao saat ditemui langsung di Greyhound Cafe Menteng dalam acara Media Gathering, Kamis (23/6/2022).

Benar saja, saat menyantap makanan pembuka ini, tidak terasa amis sama sekali dari irisan salmon segar. Malah terasa menyegarkan berkat tambahan saus pedas khas Thailand.

Meski dinamai spicy hot sauce, cita rasa saus berwarna hijau ini tidak begitu pedas. Justru cenderung asam, persis seperti ciri khas sajian Thailand.

Sajian pembuka yang selanjutnya adalah Fried Seafood Spring Rolls. Makanan ini disajikan bersama saus cair, yang lagi-lagi terasa asam.

Isi spring roll padat, terlihat dari samping makanan ini ketika disajikan dalam bentuk potongan utuh.

Aroma udang dan cumi langsung tercium saat akan menyantap sajian ini. Campuran kedua seafood cincang ini terasa gurih dan sedikit manis.

Berikutnya, ada tiga sajian baru di Greyhound Cafe Menteng yang juga saya cicipi yakni Ayutthaya Grilled King Prawn, Thai Beef Paradise, dan Mango Tamarind Grouper.

Ukuran udang dalam sajian Ayutthaya Grilled King Prawn cukup besar. Kematangannya medium, aroma udang segarnya masih sedikit terasa, sementara tekstur dagingnya lembut.

Ada sedikit cita rasa asam saat menyantap udang panggang ini dengan saus jeaw. Namun di akhir santapan, terasa sedikit pedas yang membuat sajian ini semakin nikmat.

Setelah asam dan sedikit pedas, saya merasakan gurih, bisa dibilang lumayan asin, dari Thai Beef Paradise.

Thai Beef Paradise merupakan daging sapi goreng yang disajikan bersama irisan kentang dengan sriracha dan saus jeaw.

Jika dilihat dari luar, potongan daging sapi goreng terlihat keras. Namun, pandangan saya langsung berubah saat menyantap makanan ini.

Bukan keras, daging sapi gorengnya justru terasa empuk. Belum lagi ditambah potongan kentang goreng yang lembut dan gurih.

Campuran rasa gurih, asam, dan pedas, kemudian saya dapatkan saat menyantap Mango Tamarind Grouper.

Ikan kerapu gorengnya saja sudah terasa gurih. Teksturnya juga empuk. Saat disantap bersama saus asam mangga khas Thailand, makanan ini terasa sangat nikmat dan menyegarkan.

Setelah menyantap berbagai olahan daging sapi, ikan, dan seafood, saya juga mencicipi sayuran berupa Phad Phring King, yakni udang tumis dan kacang panjang renyah khas Thailand.

Tekstur kacang panjangnya renyah saat digigit. Masih ada bunyi kress saat dimakan, sementara udang tumisnya empuk dan gurih.

Sebagai penutup, saya mencicipi dua kue, yaitu No Bake Speculoos Cheesecake dan Walnut Choco Cake.

Sama seperti cheese cake kebanyakan, No Bake Speculoos Cheesecake juga terbuat dari krim keju lembut. Jadi rasanya memang manis dan sedikit asam.

Awalnya, saya kira tambahan biskuit Speculoos atau lotus biscoff akan membuat rasa kudapan ini sangat manis. Namun, ternyata salah.

Rasa manis biskuit, serta teksturnya justru melengkapi cheese cake yang terasa lembut tadi.

Sama halnya dengan Walnut Choco Cake. Porsi kacang kenari yang mengapit lapisan kue cukup banyak, membuat kue ini harus dipotong pelan-pelan agar tidak berantakan, sebab bagian tengahnya bertekstur agak padat.

Kue cokelatnya terasa manis, kacang kenari yang dibalut cokelat pun begitu. Isi serta topping berupa kacang kenari dan bola coklat di atasnya, membuat sajian ini terasa semakin lengkap.

Kamu juga bisa mencicipi langsung berbagai sajian khas Thailand di Greyhound Cafe Menteng.

Lokasinya berada di Jalan Sunda Nomor 5, Menteng Thamrin, Jakarta Pusat. Cocok buat kamu yang ingin bersantap dengan santai sembari menikmati suasana nyaman yang ditawarkan kafe ini.

Harga makanannya juga bervariasi. Mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000-an, kamu sudah bisa menyantap satu porsi makanan enak di Greyhound Cafe Menteng yang buka setiap hari pukul 11.00-22.00 WIB ini.

https://www.kompas.com/food/read/2022/06/25/191200475/mencicipi-makanan-thailand-dengan-sentuhan-western-di-greyhound-cafe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke