Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

KOMPAS.com - Wedang uwuh cocok dinikmati saat cuaca sedang mendung dan hujan. Minuman ini bisa bantu menghangatkan badan karena kaya akan rempah. 

Di luar daripada itu wedang uwuh juga bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya, wajar jika minuman ini umum disajikan untuk mereka yang sedang sakit. 

  • Resep Wedang Uwuh, Cocok Diminum Saat Cuaca Dingin
  • Resep Wedang Uwuh Simple, Minuman Hangat untuk Tingkatkan Imunitas

Prof. Dr. Mae Sri Hartati Wahyuningsih, M.Si.,Apt selaku dosen dari Pusat Kedokteran HerbaL FKKMK UGM dan Departemen Farmakologi dan Terapi FKKMK UGM menjelaskan bahwa jika bicara mengenai manfaat wedang uwuh maka perlu mengurai rempah-rempah yang digunakan sebagai racikannya. 

Namun racikan rempah tersebut bisa jadi berbeda tiap produsennya. Walau begitu ada bahan utama yang wajib ada pada wedang uwuh yaitu jahe dan kayu secang. 

"Jadi kalau kita bicara manfaat itu pasti kembali ke kandungannya apa. Biasanya kandungan yang paling menonjol pada wedang uwuh itu adalah jahe dan juga secang," tutur Mae kepada Kompas.com, Kamis (10/03/2022). 

Selanjutnya, Mae menjelaskan manfaat dari masing-masing rempah yang digunakan untuk mebuat wedang uwuh. Berikut uriannya. 

1. Jahe 

Jahe merupakan bahan utama dalam racikan wedang uwuh. Rimpang ini dapat mengurangi mual dan muntah pada mereka yang sedang sakit, hamil, atau mabuk kendaraan. 

Selain itu, jahe juga bisa menghalau infeksi pada perut. 

"Jahe itu manfaatnya bisa macam-macam, yang pertama bisa sebagai anti mual dan muntah. Kedua bisa digunakan untuk menghalau infeksi yang ada di dalam perut kita," jelas Mae. 

Jika perut terasa begah karena tidak bisa sendawa atau kentut, mengonsumsi jahe bisa jadi alternatif. Sebab jahe juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti flatulen.

"Kadang kalau kita enggak bisa kentut, nah itu jahe bisa digunakan sebagai anti flatulen. Istilahnya untuk membantu atau memflatuten, jadi biar bisa kentut dan sendawa," tambahnya.

Kayu secang merupakan komponen utama pada wedang uwuh. Sebab bahan inilah yang membuat warnanya menjadi merah. 

Kayu secang punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula, anti oksidan, dan melancarkan peredaran darah. 

Oleh sebab itu, kayu secang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. 

  • Apa Itu Secang? Bahan untuk Bikin Wedang Uwuh
  • 8 Bahan Lengkap Wedang Uwuh, dari Jahe hingga Secang

 

3. Kayu manis 

Terkadang ada produsen yang menambahkan kayu manis pada racikan wedang uwuh agar aromanya lebih wangi. 

Selain penambah aroma, kayu manis juga memiliki manfaat bagi tubuh. Rempah ini kaya akan antioksidan yang mampu menghalau oksidasi penyebab kerusakan sel.

"Di samping memiliki aroma yang enak, itu membuat istilahnya untuk anti okdisan.Jadi untuk menghalau okdisasi yang bisa merusak sel tubuh kita," ujar Mae. 

Dalam wedang uwuh, pala digunakan bagian biji dan daunnya. Rempah ini kaya akan flavonoid, polifenol, dan zat aktif lain yang bagus untuk tubuh. 

Mae menjelaskan bahwa pala bisa meningkatkan kualitas tidur. Untuk itu, jika sedang insomnia, coba konsumsi wedang uwuh yang ada pala pada bahannya.  

"Nah pala ini bisa dipakai bijinya dan daunnya. Kandungan yang ada di sana cukup banyak, ada flavonoid, polifenol, dan sebagainya. Lah ini bisa untuk menghalau insomnia, sleep well gitu, jadi kalau tidur nyenyak," terang Mae. 

  • Apa Itu Pala Fakfak? Rempah Kaya Manfaat untuk Dijadikan Sirup
  • Apa Bedanya Wedang Uwuh dan Wedang Secang?

5. Serai 

Serai memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Rempah ini bisa membantu melancarkan buang air kecil, menghangatkan badan, dan anti flatulen. 

Untuk itu, serai baik bagi penderita hipertensi karena bisa meluruhkan air seni sehingga tekanan darah bisa turun. 

Cengkih kerap ditambahkan ke dalam racikan wedang uwuh. Rempah ini mengandung eugenol yang bagus untuk menghilangkan nyeri dan perut kembung.

7. Kapulaga 

Kapulaga mengandung minyak atsiri yang kaya manfaat. Berkat kandungan di dalamnya, rempah ini bisa mencegah pengorosan tulang dan memperbaikinya. 

Selain itu, kapulaga juga dapat menjadi ekspektoran atau mengencerkan dahak saat batuk.

"Ini bisa digunakan untuk memperbaiki atau mencegah tulang kita keropos. Bisa juga untuk mengekspektoran, kan dahak ini angel untuk keluar nah itu bisa membantu mengeluarkan dahak," ungkap Mae. 

  • Apa Wedang Uwuh Harus Pakai Gula Batu?
  • Apa Itu Kapulaga? Rempah untuk Bikin Gulai Dan Opor

Jika merujuk pada bahan-bahan yang digunakan, wajar bila wedang uwuh punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Mae menjelaskan bahwa wedang uwuh bisa membantu menghilangkan capek dan mengatasi masalah perut. 

  • Resep Wedang Jahe Jeruk Nipis, Minuman Hangat untuk Daya Tahan Tubuh
  • Resep Wedang Ronde Pelangi, Bisa untuk Jualan

Selanjutnya, wedang uwuh pun dapat menghilangkan nyeri serta membantu menyegarkan badan dan kaya akan antioksidan.

"Wedang uwuh itu membantu menghilangkan rasa capek, membantu menghilangkan masalah perut," ujarnya.

"Kemudian karena dilihat dari satu-satu tadi, jadi bisa menghilangkan rasa nyeri. Kemudian, membantu menyegarkan badan, tadi kan banyak sekali ya bahan yang digunakan untuk penyegar, antioksidan, dan sebagainya," tambahnya. 

Khasiat wedang uwuh lainnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melancarkan sirkulasi darah. 

Selain itu, bisa pula menghangatkan badan dan mengatasi masuk angin.

"Ada lagi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Nah ini ada banyak sekali penelitiannya untuk sistem imun. Lalu untuk membantu menghangatkan badan, kemudian membantu mengatasi masuk angin," tutur Mae. 

  • Kenapa Jahe untuk Wedang Perlu Dibakar Dulu?
  • Resep Wedang Kacang Hijau, Bisa Jadi Kiriman untuk Teman yang Isoman

Pada masa pandemi seperti saat ini, wedang uwuh baik dikonsumi oleh mereka yang terjangkit covid-19.

Bahkan pada penderita varian omicorn, wedang uwuh bisa menjadi 'penolong' untuk meringkan batuk dan sakit tenggorokan. 

"Kalau menurut saya iya ini bisa untuk pasien covid. Karena tadi saya membaca salah satu zat aktif dalam wedang uwuh ada yang untuk menghalau batuk. Dengan panas dari jahe, ada yang untuk batuk, terus meningkatkan imun, membuat tubuh segar, dan ternyata aman saya kira its okay untuk dikonsumsi saat omicorn," pungkas Mae.

https://www.kompas.com/food/read/2022/03/12/111100875/manfaat-wedang-uwuh-untuk-kesehatan-bisa-tingkatkan-imunitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke