Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa di Semarang Ini Buka Usaha Seafood yang Bisa Dikirim ke Luar Kota

KOMPAS.com - Kota Semarang bisa jadi salah satu tempat untuk wisata kulineran. Di sini terdapat banyak tempat makan seafood yang enak, salah satunya Afterbreak Seafood. 

Restoran ini mulanya ada di Kaliwungu, Kendal tapi pada 2021 lalu Afterbreak Seafood membuka cabang mereka di Semarang. 

Uniknya, produk dari Afterbreak Seafood bisa dikirim ke luar kota. Bahkan bisa menjangkau hingga 25 kota di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

  • 15 Tempat Makan Seafood di Semarang, dari Kaki Lima Hingga Restoran
  • 3 Cara Hangatkan Seafood, Rasanya Tidak Berubah

Hella Ayu, pemilik usaha Afterbreak Seafood yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa pascasarjana di salah satu universitas di Semarang ini membagikan ceritanya membangun usaha ini. Berikut penuturannya. 

Sebelum sukses dengan usahanya sekarang Hella mulanya hanya berjualan kerupuk rajungan. Hal ini dilakukannya mengingat daerah tempat tinggalnya merupakan kawasan penghasil rajungan.

"Dulu tuh sebenarnya kita usahanya kerupuk rajungan. Kita manfaatin cakangnya, dagingnya, kan di sini banyak rajungan," kata Hella kepada Kompas.com, Sabtu (22/01/2022).

  • 4 Beda Rajungan dan Kepiting, Penjelasan dari Penjual
  • 4 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Raksasa yang Harganya Mahal

Namun saat musim hujan Hella tidak bisa berjualan karena kerupuknya memerlukan pengeringan.

Karena tidak ada penghasilan Hella lalu memutar otak dan coba mengolahnya menjadi masakan matang. 

"Terus musim hujan kita enggak bisa jualan, kalau gitu kan saya enggak punya penghasilan. Waktu itu kan saya masih kuliah S1 terus mikir ini rajungan diapain, terus dibikinlah masakan matang gitu," tambahnya. 

Sayangnya usaha tersebut tak berjalan lancar. Setiap kali memasak, hidangannya selalu sisa. Dari sinilah, Hella dan suaminya mulai mencoba cara lain agar dapat bertahan. 

  • Apa Itu Crab Stick? Makanan Olahan Bukan dari Kepiting
  • Resep Kepiting Asam Manis Pedas, Spesial ala Restoran

Mereka kemudian membuat pre-order serta melayani pengiriman. Berkat hal inilah Hella dapat mempertahankan usahanya. 

"Terus dari situ kita perbaiki, kita mulai share di Instagram, di WhatsApp stories. Nah dari situlah kita ada pre-order, tahun 2016 waktu itu. Sambil kuliah itu kita anter, keliling-keliling," ujar Hella. 

Pada 2018, Hella dan suami lalu membuat kedai di garasi rumah orang tua di Kaliwungu, Kendal untuk melayani pesanan daring. Hidangan yang dijual mulanya adalah olahan kerang. 

  • Resep Sambal Goreng Kerang Kupas, Wangi Daun Jeruk
  • Resep Kerang Kupas Pedas Mercon ala Warung Kaki Lima

Namun karena tak begitu laku, Hella mencoba untuk berjualan lobster. Inovasi ini lantas membuat usahanya semakin berkembang. Akhirnya kedai di Kendal pun ramai dan makin dikenal.  

"Kita juga waktu itu gambling, haduh kalau ini enggak laku habis deh uangku, karena kalau kerang ratusan ribu sudah dapat berapa puluh, sedangkan lobster ratusan lobster itu enggak dapat sekilo," tuturnya. 

"Bismillah kita lanjut. Kita percaya saja niat kita pengin jualan. Syukur alhamdulillah sampai hari ini kita masih eksis, masih bisa buat jualan," kata Hella.

Afterbreak Seafood mulai memperluas pasarnya hingga ke Semarang. Pada April 2021 lalu, mereka resmi membuka cabang kedua di Jalan Jalan Menoreh Raya Nomor 81, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur. 

Kendati demikian, Hella menuturkan bahwa sebetulnya ia sempat gagal membuka cabang sebelum ini.

  • 2 Cara Olah Seafood agar Aman Dikirim ke Luar Kota
  • 3 Cara Hangatkan Seafood, Rasanya Tidak Berubah

Hella sempat membuka satu cabang di Kendal sayangnya tak sampai dua bulan restorannya terpaksa tutup. Walau begitu Hella dan menyerah dan tetap optimis untuk mengembangkan usahanya sambil kuliah.   

"Jadi saya nutup usaha yang gagal ini di bulan Februari pertengahan, April saya sudah buka yang Semarang sih. Jadi benar-benar terlalu berani sih sebenarnya," ujarnya.


Bisa dikirim ke luar kota

Uniknya, Afterbreak Seafood juga melayani pengiriman ke beberapa kota. Namun walau dikirim ke luar kota rasa hidanganya tidak berubah. 

Menurut Hella rahasia dari olahan seafoodnya yakni pada teknik membersihkan dan memasaknya. Berkat pengolahan yang tepat seafood tersebut aman dikirim ke luar kota.

"Kita tidak punya rahasia apapun tapi kita sampaikan bahwa satu kualitas bahan baku, kedua kualitas masakan, ketiga proses memasak yang benar," ungkap Hella. 

Untuk membantu pengirimannya, Hella memanfaatnya jasa dari bus dan travel. Jadi dalam beberapa jam produknya bisa sampai di konsumen. 

  • Resep Sup Asparagus Kepiting, Masak untuk Hidangan Sehat
  • 15 Ide Olahan Seafood yang Mudah Dibuat, Bahannya Beragam

Lebih jauh, Afterbreak Seafood menyajikan aneka ragam olahan seafood mulai dari kerang hingga lobster.

Bahkan pada waktu tertentu mereka memiliki menu kepiting alaska yang cukup premium. Rata-rata seafood di tempat ini tersedia dalam porsi besar jadi bisa untuk dimakan ramai-ramai. Kisaran harganya mulai Rp 30.000 - Rp 250.000. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/29/210300075/mahasiswa-di-semarang-ini-buka-usaha-seafood-yang-bisa-dikirim-ke-luar-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke