Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kue Semprong Yuta, Hadirkan Jajanan Klasik dengan Tepung Mocaf

KOMPAS.com - Kue semprong merupakan jajanan klasik yang biasanya hadir mengisi stoples camilan di rumah. Semprong memiliki tekstur yang renyah sehingga bisa membuat ketagihan siapa saja yang menikmatinya.

Melalui sambungan via telepon, Kompas.com berhasil mewawancarai Yuta Endang Pujiastuti, S.E., pemilik UMKM Kue Semprong Yuta. Kue Semprong Yuta hadir dengan menjual kue semprong yang terbuat dari tepung mocaf.

Simak ulasan singkat mengenai kue semprong dengan tepung mocaf yang ada di Kue Semprong Yuta berikut ini.

Yuta bercerita tentang awal mula ia bisa membuat kue semprong. Jadi, kue semprong yang sekarang ini menjadi menu andalan di usahanya didapatkannya dari sang ibu.

Resep kue semprong dari sang ibu, ia coba dengan berkali-kali kesempatan agar hasilnya menjadi enak seperti kue semprong buatannya saat ini.

Hingga pada awal tahun 2018, Yuta mencoba peruntungan dengan menjual kue semprong dalam kemasan.

Berawal dari mengikuti sebuah lomba UMKM di Semarang, Yuta berhasil menjadi juara satu di Semarang. Sementara, di tingkat Jawa Tengah, Kue Semprong Yuta mendapat juara tiga.

Ciri khas kue semprong yang dijual oleh Yuta ada pada bahan utamanya. Yuta menggunakan tepung mocaf yang terbuat dari singkong.

“Tepung mocaf itu terbuat dari singkong. Penggunaan tepung mocaf pada bahan membuat kue semprong ini bikin jadi renyah.” kata Yuta kepada Kompas.com pada Sabtu (16/10/2021).

Dalam penuturannya, selain membuat tekstur kue semprong jadi lebih renyah, penggunaan tepung mocaf juga baik untuk penderita diabetes dan autis.

“Tepung mocaf ini tepung yang mudah dicerna. Tepung mocaf punya kandungan gulanya rendah, jadi aman untuk yang diabet. Selain itu, tepung mocaf bisa untuk anak autis.” jelas Yuta.

Yuta juga menjelaskan kalau kue semprong miliknya untuk kudapan ringan bagi penyandang autis.

“Kue semprong aman dimakan setiap hari. Tepung mocaf itu seratnya tinggi, jadi aman untuk dikonsumsi secara rutin.” ujar Yuta.

Harga dan cara pesan kue semprong

Kue semprong yang terbuat dari tepung mocaf dengan segudang manfaat ini bisa kamu beli dengan harga yang cukup bervariasi. Harga Rp 35.000 untuk original dan Rp 40.000 untuk speculaas.

“Variasi kue semprong yang speculaas itu pakai bumbu spekuk. Jadi, harganya lebih mahal karena bumbu spekuk kan mahal. Rasanya lebih kaya akan rempah karena ada kapulaga dan bahan lainnya.” jelas Yuta.

Untuk pemesanan, kamu bisa langsung menghubungi melalui WhatsApp atau mengakses Instagram @kuesemprong_yuta.

“Kalau toko offline, saya display di rumah. Tapi kalau imagenya toko kan isinya macem-macem ya, nah saya cuma kue semprong saja yang produk ready.” ujar Yuta.

Kemasan dari kue semprongnya menggunakan tabung karton yang nantinya akan dibungkus kembali dengan bubblewrap untuk pengiriman luar kota.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/20/181700875/kue-semprong-yuta-hadirkan-jajanan-klasik-dengan-tepung-mocaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke