Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Gnocchi Kentang Tanpa Alat, Makanan Italia yang Mudah Dibuat

KOMPAS.com - Gnocchi merupakan kudapan asal Italia yang bentuknya terlihat mirip seperti pasta.

Namun, gnocchi tidak termasuk dalam kategori pasta. Gnocchi umumnya terbuat dari kentang tumbuk yang dicampur dengan tepung hingga menjadi adonan.

Gnocchi dapat dengan mudah dibuat di rumah bahkan tanpa menggunakan alat yang terlalu rumit.

Dilansir dari La Cucina Italiana, cara membuat gnocchi di rumah dilakukan secara turun temurun dari ibu ke anak perempuan.

Adonan dicampur bersama

Langkah mudah dalam membuat gnocchi rumahan yaitu dengan cara tepung dan kentang dicampur bersama hingga membentuk sebuah adonan.

Setelah itu adonan dibentuk menjadi serupa tali kecil dan dipotong-potong dengan ukuran panjangnya sekitar 2,5 sentimeter.

Baru setelahnya, adonan gnocchi direbus dalam air asin lalu dikeringkan dengan sendok berlubang atau saringan setelah gnocchi mengapung naik ke permukaan air.

Langkah terakhir yaitu pada bagian atas gnocchi ditambahkan saus sesuai selera seperti saus gorgonzola.

Menggunakan kentang, tepung, dan telur

Terdapat juga cara yang hampir sama seperti di atas teteapi bahan yang digunakan terdiri dari kentang, tepung, dan telur seperti dilansir dari Allrecipes.

Langkah yang harus dilakukan yaitu didihkan air asin terlebih dahulu dalam panci, kemudian kupas kentang dan tambahkan ke panci.

Masak kentang hingga empuk tetapi tetap padat sekitar 15 menit lalu tiriskan. Setelah kentang dingin, tumbuk dengan garpu atau alat penghancur kentang.

Setelah itu campur satu cangkir kentang tumbuk, tepung dan telur dalam mangkuk besar. Uleni adonan hingga membentuk bola dan bentuk bagian kecil adonan menjadi seperti "ular" panjang.

Langkah berikutnya pada permukaan tepung, potong adonan panjang menjadi potongan setengah inci atau kira-kira 1 sentimeter.

Masukkan gnocchi dalam panci air mendidih dan masak selama 3 hingga 5 menit atau sampai gnocchi naik ke permukaan air. Setelah itu tiriskan.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/11/080600775/cara-membuat-gnocchi-kentang-tanpa-alat-makanan-italia-yang-mudah-dibuat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke