Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tempat Makan Seafood di Semarang, dari Kaki Lima Hingga Restoran

KOMPAS.com - Terdapat banyak tempat makan seafood enak di Semarang. Mulai dari kaki lima hingga restoran ternama pun ada.

Kamu dapat mengunjungi tempat tersebut bersama keluarga saat akhir pekan atau ketika merayakan hari spesial.

Rata-rata harga menunya dihitung berdasarkan jenis seafood dan beratnya.

Berikut 15 tempat makan seafood enak di Semarang yang wajib dicoba.

Kampung Laut dapat menjadi pilihan tempat yang tepat untuk menyantap seafood bersama keluarga. Tempatnya yang luas, pas untuk menghabiskan akhir pekan.

Kampung laut menyajikan beragam olahan seafood mulai dari kerang hingga lobster. Selain itu, ada pula aneka tumisan untuk pelengkapnya.

Harga menunya cukup bervariasi, mulai dari Rp 25.000, tergantung jenis hidangan laut yang dipilih. 

Jika ingin mencoba, kamu bisa datang ke Restoran Kampung Laut yang ada di Puri Maerokoco Tawang Mas, Jalan Anjasmoro Raya Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Jam operasionalnya pukul 10.00 - 20.00 WIB.

2. Gama Ikan Bakar & Seafood

Restoran seafood ini cukup terkenal di Semarang. Area makannya yang luas membuatnya nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Saat berkunjung ke restoran ini kamu wajib mencoba ikan bakar dan olahan kerang srimpingnya. Harga per porsi sajiannya mulai dari Rp 20.000.

Gama Ikan Bakar dan Seafood buka setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Sementara, alamatnya ada di Jalan MT Haryono Nomor 870A, Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

3. Seafood Pak Sangklak

Warung seafood Pak Sangklak beralamat di Jalan Telaga Mas Raya Nomor B1, Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Saat berkunjung ke warung seafood ini, kamu wajib mencoba kerang srimping goreng bawangnya. Menu ini menjadi salah satu favorit para pelanggan.

Harga satu porsinya, sekitar Rp 90.000.

Selain menu tersebut, kamu dapat memasak aneka sajian ikan, kerang, udang, maupun kepiting.

Lokasi Tamparang Seafood Restaurant cukup strategis, yakni ada di Jalan Diponegoro Nomor 27, Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Di restoran ini kamu bisa menikmati sajian seafood lezat yang dimasak dengan berbagai metode. Bisa ditumis, digoreng, dibakar, ataupun dikukus.

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 50.000-an.


5. Kepiting Nyoto Roso

Sesuai dengan namanya, tempat makan seafood ini memiliki sajian kepiting yang spesial dan lezat. Meski begitu, ada juga hidangan laut lainnya mulai dari ikan hingga udang.

Sama seperti restoran seafood kebanyakan, di Kepiting Nyoto Roso harganya pun dihitung berdasarkan jenis seafood dan beratnya.

Namun tak perlu khawatir, harga tersebut sebanding dengan rasanya.

Buat yang penasaran bisa datang langsung ke Kepiting Nyoto Roso yang ada di Jalan Taman Beringin Nomor 22, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Jam operasionalnya pukul 11.00 - 21.00 WIB.


 

6. Seafood "Nggemeske"

Di daerah Lamper Tengah ada satu tempat makan seafood enak yang wajib dicoba. Nama tempatnya ialah Seafood "Nggemeske".

Tempat makan seafood ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menyantap hidangan laut dengan harga terjangkau. Harga sajiannya cukup murah, mulai dari Rp 12.000.

Sekalipun murah tapi olahan seafood di warung ini rasanya enak, tak dengan restoran ternama.

Pilihan menunya pun cukup banyak, mulai dari kerang hingga kepiting.

Jika kamu penggemar kepiting, maka wajib datang ke Kepiting Cak Gundul 1992. Tempat makan seafood ini memiliki berbagai olahan kepiting yang terkenal enak.

Salah satu menu favorit yaitu Kepiting Saus Padang. Sajian ini dberi harga mulai dari Rp 35.000 per ons. Harga tersebut bisa berbeda tergantung berat keritingnya.

Kepiting Cak Gundul 1992 beralamat di Ruko Atrium, Jl. Jenderal Sudirman No.322, Salaman Mloyo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam bukanya pukul 11.30 - 22.00 WIB.

8. Seafood Pak Jari

Setelah capek jalan-jalan di Simpang Lima, kamu dapat mampir ke Seafood Pak Jari untuk mengisi tenaga kembali. Lokasinya ada di sekitar Jalan Simpang Lima, Pleburan.

Di warung ini kamu bisa menjadi berbagai lahan seafood, mulai dari ikan hingga kepiting. Varian bumbunya pun cukup beragam, jadi kamu bisa memilih sesuai selera.

Untuk harganya sendiri mirip dengan warung seafood kebanyakan, sesuai jenis dan beratnya. Namun tak diketahui pasti berapa harga per onsnya.

Jika penasaran kamu bisa langsung datang ke Seafood Pak Jari. Namun jam operasional mulai dari sore hingga pagi, pukul 17.00-05.00 WIB.

9. Pojok Indah SeaFood Resto

Pojok Indah Seafood menghidangkan bermacam-macam olahan seafood, seperti cumi, kerang, dan bahkan ikan doreng. Namun sayangnya di restoran ini tak ada sajiannya bakar.

Rata-rata hidangan lautnya digoreng dan ditumis dengan beragam saus khas seafood kaki lima.

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 15.000-an. Cukup terjangkau dan cocok menjadi pilihan saat akhir bulan.

Pojok Indah Seafood Resto beralamat di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor 89, Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Jam operasional pukul 15.00 - 11.00 WIB. Silakan mampir jika ingin mencobanya.

Restoran Tanjung Laut berada di Jalan Puri Eksekutif Nomor 1, Tambakharjo, Semarang Barat, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 10.00 - 20.00 WIB.

Di restoran ini kamu bisa menikmati aneka hidangan laut lezat sembari menikmati semilir angin dari pertabakan.

Karena berada di petambakan, maka sajian seafood ini dijamin kesegarannya. Meski demikian harganya bisa dibilang terjangkau, mulai dari Rp 6.500 per ons.

Di daerah Gajah Mada, ada satu restoran seafood enak yang layak coba, yaitu Krabe Seafood.

Tempat makan seafood ini buka setiap hari pukul 09.00 - 22.00.

Krabe Seafood memiliki area yang luas. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak keluarga atau teman kerja untuk bersantap siang di sana.

Menu di Krabe Seafood cukup beragam. Bahkan ada pula hidangan selain seafood.

Jika datang bersama teman atau keluarga, kamu bisa memesan menu paket fantastik agar lebih hemat.

Paket ini berisi nasi, sambal, sajian seafood seperti kepiting dan udang, dan tumis sayuran. Harga menunya mulai dari Rp 52.000 per orang.

12. Sea Food - Suminto

Warung seafood kaki lima ini rasanya tak kalah enak dengan restoran ternama.

Di ini, kamu bisa memesan seafood segar yang diolah dengan berbagai saus mendok yang enak. Selain itu kamu bisa memilih metode pengolahannya, bisa digoreng atau dibakar.

Sea Food - Suminto ada di sekitar Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Jam operasionalnya pukul 17.00 - 22.00 WIB.

Karena harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000, warung seafood ini selalu ramai pembeli. Jadi, sebaiknya jangan datang terlalu malam agar tak kehabisan.

Tempat makan seafood yang beralamat di Jalan Puri Anjasmoro A10 Nomor 1 Tawangmas ini dapat menjadi pilihan buatnya yang ingin menyantap hidangan laut bersama keluarga.

Walau tempatnya tak begitu besar, tapi menunya cukup beragam. Selain itu, rasanya pun enak dan seafood juga segar.

Sayang tak diketahui pasti berapa harga aneka seafood di tempat ini.

Jika penasaran, kamu bisa datang langsung ke ke RM Baruna Indah Seafood untuk mencobanya. Jam bukanya pukul 10.00 - 22.00 WIB.

14. JJ Resto Baganese sauce crabs

JJ Resto Baganese sauce crabs menghidangkan bermacam-macam seafood dengan bumbu khasnya.

Harga sajiannya cukup bervariasi, antara 35.000 - 350.000 per porsinya. Harganya tersebut tergantung dengan jenis seafood yang dipilih.

JJ Resto Baganese Sauce Crabs beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 14, Cirebonan, Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang.

Bukanya setiap hari pukul 10.00 -21.00 WIB. Silakan mampir jika kebetulan sedang ingin menyantap seafood dengan keluarga.

15. Hola! Crab, Setiabudi, Semarang

Buatmu yang sedang berada di sekitar Banyumanik atau Tembalang, bisa mencicipi aneka olahan seafood dari Hola! Crab.

Restoran ini menyajikan kreasi hidangan laut yang kekinian. Pilihannya menunya ada kepiting, lobster, udang, cumi, dan kerang.

Seafood tersebut dihidangkan dengan beberapa pilihan saus seperti saus padang, asam manis, dan black pepper. Kamu bisa memesan tingkat kepedesan sesuai selera.

Sementara, untuk pelengkap sajiannya ada kentang goreng, jagung, dan brokoli. Kamu bisa memesan menu tersebut secara terpisah atau sajian paket.

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 10.000 per porsinya. Untuk menu paket mulai Rp 225.000 - Rp 375.000.

Hola! Crab buka dari pukul 13.00 - 21.00 WIB, jadi kamu bisa ke sana pada jam makan malam.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/08/27/130300375/15-tempat-makan-seafood-di-semarang-dari-kaki-lima-hingga-restoran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke