Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi Jintan pada Masakan, Bikin Gulai dan Opor Makin Sedap

KOMPAS.com - Masakan Indonesia identik dengan rasa rempahnya yang kaya. Salah satu jenis rempah yang biasa digunakan untuk memasak ialah jintan. 

Jintan memiliki bentuk yang mirip dengan adas. Namun ukuran jintan sedikit lebih kecil dan warnanya pun agak gelap. 

Rempah yang juga dikenal dengan nama cumin ini, dapat digunakan untuk membumbui beragam hidangan, misalnya soto dan gulai. 

Lantas, sebetulnya apa fungsi jintan pada masakan? Berikut uraian penjelasannya. 

1. Memberi rasa sedikit manis 

Dalam buku "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" karya Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada disebutkan bahwa, jintan dapat memberikan rasa sedikit manis pada hidangan. 

Namun rasa manis yang ditawarkan berbeda dengan gula pasir atau gula merah. Rasa manis jintan cenderung lebih khas, seperti manis pahit yang menghangatkan.

Oleh karenanya, disarankan untuk menambahkan jintan pada hidangan agar rasanya lebih lezat dan sedap. Takaran penggunannya, bisa disesuaikan dengan resep.  

Fungsi jintan pada masakan tak cuma memengaruhi rasa hidangan, tetapi juga aromanya. 

Menambah jintan pada masakan, dapat membuat aromanya lebih harum. Kamu dapat menggunakan jintan untuk membumbui gulai, opor, soto, maupun kari.

Namun, sebelum digunakan jintan harus disangrai atau dipanggang terlebih dulu. Proses ini dapat membuat aroma jintan lebih optimal.

Jika tak ingin repot, kamu boleh menggunakan jintan bubuk siap pakai yang dijual di supermarket.  

Ada dua jenis jintan yang biasa dijual di pasaran, yakni jintan putih dan jintan hitam. Keduanya bisa digunakan untuk memasak, tapi rasa dan aroma jintan hitam lebih kuat. 

Dilansir dari The Spruce Eats, penggunaan jintan bisa disesuaikan dengan resep.

Biji jintan atau jintan bubuk dapat langsung ditambahkan ke dalam hidangan. Atau, bisa juga dihaluskan bersama bumbu lainnya. 

Untuk mengoptimalkan rasa dan aromanya, biji jintan harus dimasukkan pada tahap awal memasak, yakni ketika bumbu ditumis. 

Dengan cara ini, hidangan akan lebih sedap dan wangi aromanya.

Buku "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" karya Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/10/160200375/fungsi-jintan-pada-masakan-bikin-gulai-dan-opor-makin-sedap-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke