Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membuat Kaldu Sapi Umami, Bikin Sup Lebih Lezat

KOMPAS.com - Kaldu merupakan bahan penting yang tak boleh terlewat saat membuat sup. Baik sup ayam maupun sup dari daging ataupun tulang sapi. 

Penggunaan kaldu dapat membuat sup lebih gurih dan sedap.

Cara membuat kaldu khususnya kaldu sapi sebetulnya cukup mudah. Namun untuk mendapatkan rasa yang umami, kaldu sapi harus dibuat dengan trik khusus. 

Berikut tips membuat kaldu sapi umami melansir dari buku "SajianKu VOL. 3/I/2013 Serba-Serbi Tepat memilih & menyimpan Sosis Rahasia membuat Kaldu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo. 

Kaldu terbuat dari bahan yang akan digunakan untuk membuat sup, seperti ayam, daging sapi, ataupun tulang sapi.

Ketika membuat sup ayam, maka kamu dapat membuat kaldu dari tulang ayam. Sementara, jika memasak sup sapi, gunakanlah kaldu yang memang terbuat dari daging atau tulang sapi. 

Untuk menghasilkan rasa yang lebih umami, gunakan tulang sapi yang sudah dicuci bersih. Selain itu, tulang sapi pun dapat dipanggang terlebih dulu sampai minyaknya keluar.

Proses pemanggangan dapat membuat rasa kaldu lebih gurih.

Tambahkan bahan-bahan seperti bawang bombai, daun seledri, dan wortel supaya kaldu sapi tidak amis. Namun bahan-bahan tersebut tidak perlu dipotong. 

Langsung rebus saja dalam kondisi utuh agar rasa kaldu lebih gurih dan warnanya jernih. Jika memang ingin dipotong, potonglah dengan ukuran besar.

3. Masak dengan api kecil 

Kaldu sapi harus dimasak dengan api kecil agar umami dan warnanya bening. Untuk waktu perebusan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun baiknya rebuslah hingga airnya berkurang sekitar 25 persen supaya rasanya umami. 

Hindari merebus kaldu sapi dengan api besar, karena dapat membuat sumsum pada tulang dan daging terlepas. Tulang pun akan menjadi matang dan tak mengeluarkan sari-sari lagi. 

Meski nampak sepele, nyatanya hal tersebut dapat membuat rasa kaldu kurang lezat. Warna kaldunya pun menjadi keruh dan cenderung bau amis. 

Busa pada rebusan kaldu harus diambil agar warnanya tidak keruh dan merusak rasanya. Ambillah dengan menggunakan sendok atau saring setelah kaldu matang.

Jika kaldu tampak kotor, buang kaldunya, lalu bersihkan daging atau tulangnya lagi. Kemudian, rebus kembali dengan air mendidih menggunakan api sedang. 

Setelah mendidih, matikan apinya, buang air, lalu masak kembali menggunakan api kecil. Meski terkesan rumit, cara ini dapat membuat kaldu sapi umami dan bening. 

Buku "SajianKu VOL. 3/I/2013 Serba-Serbi Tepat memilih & menyimpan Sosis Rahasia membuat Kaldu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/08/111200475/4-cara-membuat-kaldu-sapi-umami-bikin-sup-lebih-lezat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke