Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Masak Kulit Kentang, biar Krispi dan Garing

KOMPAS.com - Kulit kentang jangan dibuang, karena bisa diolah menjadi camilan yang lezat. Kamu dapat membuat keripik kulit kentang atau pizza mini dari kulit kentang.

Namun perlu diketahui bahwa, cara memasak kulit kentang tidak boleh asal-asalan. Terutama jika kulit kentang ingin dibuat menjadi keripik.

Proses memasak yang keliru dapat membuat tekstur kulit kentang menjadi lembek, gosong, dan pahit.

Dilansir dari The Kitchn, kulit kentang yang berwarna hijau umumnya mengandung solanine atau racun yang dapat membuat rasa kentang kurang enak.

Racun ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti diare, mual, dan muntah. Terutama pada anak-anak yang memiliki masalah lambung dan perut sensitif.

Untuk berjaga-jaga, baiknya buang kulit berwarna hijau pada kentang jika kamu ingin mengolah kulitnya.

2. Bersihkan terlebih dulu

Kulit kentang harus dibersihkan terlebih dulu sebelum diolah. Sebab dalam permukaan kulit kentang biasanya ada tanah yang masih menempel.

Cara membersihkan dan mencuci kulit kentang terbilang mudah.

Dilansir dari Live Strong, untuk membersihkan kulit kentang kamu hanya perlu menggosok kentang yang belum dikupas sambil dibilas dengan air mengalir.

Kemudian sikat menggunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan sisa kotorannya.

Kulit kentang yang sudah dibersihkan harus segera diolah supaya tidak mengerut dan berubah warna. Kamu dapat mengolah kulit kentang dengan cara digoreng atau dipanggang. 

4. Goreng kulit kentang

Kulit kentang bisa digoreng menggunakan metode deep frying atau memakai air fryer. Jika ingin lebih sehat, baiknya gunakan air fryer saja.

Dilansir dari Food Network, kulit kentang sebaiknya digoreng dalam minyak panas yang suhunya mencapai 176 derajat celsius.

Aduk sesekali supaya kulit kentang matang sempurna hingga berwarna coklat keemasan.

Sementara, jika menggunakan air fryer maka air fryer harus dipanaskan terlebih dulu dengan suhu 200 derajat celcius. Selanjutnya, masak kulit kentang selama 8-10 menit supaya renyah.

Dilansir dari All Recipes, kulit kentang bisa dipanggang di dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat celicus.

Kemudian, panggang sekitar 15-20 menit hingga berwarna coklat keemasan. Aduk sesekali supaya kulit kentang tidak gosong dan lebih renyah.

Jangan lupa beri bumbu dan topping sesuai selera agar rasanya lebih lezat. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/04/02/113900075/5-cara-masak-kulit-kentang-biar-krispi-dan-garing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke