Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Masak Tongseng Kambing Tanpa Santan dan Tips Hilangkan Bau Prengus

KOMPAS.com - Ada cara masak tongseng kambing tanpa santan yang bisa kamu coba buat sebagai suguhan masakan spesial di rumah.

Proses membuat tongseng kambing terbilang mudah, karena kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan. Perlu diperhatikan, daging kambing memiliki bau prengus yang tidak disukai.

Sebelum memasaknya, ada baiknya untuk menghilangkan bau prengus daging kambing dengan cara yang sederhana berikut ini.

Tips hilangkan bau prengus kambing

Dilansir dalam buku “Olahan Spesial Sapi & Kambing” (2012) karya OCTAVIYANTI SITOMPUL, RN Superchef terbitan Galang Press Media Utama, bau prengus pada kambing bisa hilang jika daging dimasak dengan rempah.

Masak daging kambing dengan rempah-rempah seperti jahe atau kunyit, bisa menghilangkan bau prengus. Selain itu, rempah-rempah tersebut juga bisa membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

Gunakan daun pepaya sebagai cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Cuci bersih daun pepaya dan keringkan dengan kain basah di permukaan daunnya.

Bungkus daging kambing dengan daun pepaya selama beberapa saat. Cara ini juga bisa mengempukkan daging kambing.

Setelah mengetahui tips hilangkan baru prengus daging kambing, saatnya mengolah daging kambing dengan resep tongseng dari buku “Resep Makanan Rumahan Ala Dapur Isna” karya Isna Sutanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep tongseng kambing tanpa santan

Bahan:


Bumbu halus:

1. Rebus daging kambing dan daun salam sampai setengah matang, potong-potong daging sesuai selera, masukkan lagi dalam panci.

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Masukkan dalam rebusan daging sampai daging empuk sisihkan.

3. Siapkan wajan dengan minyak panas, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit sampai harum. Tambahkan kol, tomat, daun bawang, dan kecap. Aduk hingga merata.

4. Masukkan dalam rebusan daging, masak lagi hingga mendidih. Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng.

Buku “Olahan Spesial Sapi & Kambing” (2012) karya OCTAVIYANTI SITOMPUL, RN Superchef terbitan Galang Press Media Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Resep Makanan Rumahan Ala Dapur Isna” karya Isna Sutanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/25/113900675/cara-masak-tongseng-kambing-tanpa-santan-dan-tips-hilangkan-bau-prengus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke