Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Sayur Urap, Sajian Pelengkap Nasi Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayur urap terdiri dari irisan kacang panjang, tauge, dan kubis yang dibumbui base genep dan kelapa parut. Sajian ini merupakan pendamping Nasi Bali dan atau dimakan sendiri untuk sarapan.

Chef Erwin Hidayat dari Arosa Hotel Bintaro Jakarta membagikan resep Nasi Bali Uluwatu pada program #MasakdiRumahAja, Jumat (19/6/2020) pukul 16.30 WIB melalui siaran langsung Instagram @kompas.travel.

Nasi Bali Uluwatu yang ia buat terdiri dari nasi putih, lawar ayam, sate pentul, urap, kering teri kacang, telur pindang, dan sambal matah.

Resep sayur urap

Bahan base genep

Cara membuat sayur urap

1. Sebelum bikin sayur urap, siapkan dulu base genep. Campur semua bahan base genep, haluskan pakai ulekan atau blender. Lalu tumis sampai mengeluarkan aroma harum.

Bahan bumbu di atas akan menghasilkan lebih kurang 750 gram base genep. Ambil 30 gram untuk dipakai membuat sayur urap. Simpan sisanya.

2. Rebus tauge, kacang panjang, kol dalam air panas. Jangan terlalu layu. Setelah itu, siram pakai air dingin. Tiriskan dan sisihkan.

Sayur tauge, kacang panjang, kol sengaja di-blanching agar teksturnya tidak begitu layu dan masih memiliki tekstur renyah. Selain itu teknik ini juga berguna menjaga warna serta gizi dalam sayuran.

3. Tumis base genep hingga wangi, masukkan parutan kelapa. Aduk sampai rata. Tambahkan garam, merica, gula, dan penyedap secukupnya.

4. Masukkan tauge, kacang panjang, dan kol. Aduk hingga bumbu rata. Sajikan.

Sayur urap dapat disajikan bersama nasi putih, lawar, sate pentul atau sate lilit, dan sambal matah. Bisa juga dimakan begitu saja, hanya dengan nasi putih.

https://www.kompas.com/food/read/2020/06/21/091404975/resep-sayur-urap-sajian-pelengkap-nasi-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke