Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Siap Ambil Langkah Hukum Dugaan TPPO Berkedok Program Magang Internasional di Jerman

Kompas.com - 25/03/2024, 18:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri mengungkap kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok program magang Ferienjob ke Jerman yang diselenggarakan PT. SHB dan CV-Gen di tahun 2023.

Sebanyak 33 perguruan tinggi di Indonesia menjadi korban dengan total 1.047 mahasiswa yang terindikasi terjebak dalam program tersebut.

Kasus ini terungkap setelah adanya laporan empat orang mahasiswa yang sedang mengikuti program Ferienjob dan mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jerman. KBRI kemudian berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk melakukan penyelidikan.

Beberapa kampus menuturkan, pihaknya mengetahui program magang Ferienjob ini diperkenalkan dan ditawari oleh SS yang merupakan Guru Besar sebuah universitas negeri di Jambi.

Persoalan ini juga mendapat sorotan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang menyampaikan perlunya pihak kepolisian lebih cermat dalam melakukan penyelidikan karena persoalan ini sudah menyangkut institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Moeldoko mewanti-wanti jangan sampai persoalan magang mahasiswa Indonesia di luar negeri menjadi komoditas politik dan memunculkan kegaduhan di ruang publik.

Dia menjelaskan, selama ini banyak institusi pendidikan yang menjadi korban kegiatan magang yang nonprosedural yang oknum pelakunya justru adalah pihak perusahaan atau agensi yang menawarkan magang.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu dari 33 perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi korban pada program magang Ferienjob ini.

Atas persoalan yang menimpa institusi dan mahasiswanya yang mengikuti program magang Ferienjob di Jerman, UNJ melalui rilis resmi (25/32024) menegaskan siap ambil langkah hukum melaporkan pihak SS, PT. SHB dan CV-Gen.

Berikut 15 klarifikasi resmi UNJ terkait kasus ini:

1. Komitmen menyukseskan program MBKM

Pertama, UNJ sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia selalu berkomitmen untuk mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing.

2. Magang internasional bagian dari Program Internasionalisasi

Kedua, Untuk mewujudkan visi UNJ “Menjadi Universitas yang Bereputasi di Kawasan Asia” dan selaras dengan kebijakan Kemendikbudristek, UNJ merumuskan dan menetapkan Program Internasionalisasi dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Tahun 2020–2045 dan Rencana Strategis Bisnis (RSB) Tahun 2020 – 2024 sebagai amanah Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Statuta Universitas Negeri Jakarta.

Pada Program Internasionalisasi ini, salah satu turunan kegiatannya adalah Magang Internasional.

Kegiatan magang Internasional dengan jumlah mahasiswa berkegiatan Internasional menjadi salah satu bentuk kegiatan yang tidak hanya mengemban pemenuhan RPJP dan RSB UNJ namun juga menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan Internasional serta bentuk implementasi internasionalisasi Program Studi di UNJ yang telah mendapatkan sertifikasi Internasional.

3. Program Magang Internasional ke Jerman tawaran dari SS

Ketiga, Pada bulan Februari 2023 diawali dengan kedatangan SS yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Provinsi Jambi dan timnya ke UNJ untuk menawarkan Program Magang Internasional ke Jerman.

Pada tanggal 6 Mei 2023 SS kembali ke UNJ untuk mempresentasikan Program Magang Internasional ke Jerman dengan mengajak dan memperkenalkan PT. SHB dan CV-Gen.

Saat presentasi di UNJ, SS, PT. SHB dan CV-Gen meyakinkan UNJ bahwa PT. SHB adalah perusahaan yang sudah berbadan hukum berdasarkan nomor AHU-02200096.AH.11 tahun 2021 dan Program Magang Internasional di Jerman ini menurut pihak mereka diakui oleh Pemerintah Jerman dan Indonesia.

Bahkan SS, PT. SHB dan CV-Gen menyampaikan bahwa Program Magang Internasional di Jerman ini sudah diikuti oleh banyak Perguruan Tinggi di Indonesia sebelum UNJ, SS menyebut salah satunya adalah Universitas Binawan dan berjalan dengan sukses.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com