Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 15:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Bunda Mulia (UBM) meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini tertuang dalam urat Keputusan Nomor 268/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024 tanggal 19 Maret 2024.

Pencapaian ini membuat UBM menjadi salah satu dari sedikit perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki akreditasi Unggul.

Baca juga: BAN-PT: Untirta Akan Alami Gapai Akreditasi Unggul di Tahun Ini

"Dari seluruh PTS yang ada di Indonesia, hanya 46 PTS yang memiliki akreditasi Unggul, termasuk UBM," ucap Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Toni Toharudin dalam keterangannya, Senin (25/3/2024).

Rektor UBM Doddy Surja menyatakan, pencapaian peringkat akreditasi tertinggi ini merupakan bukti komitmen UBM untuk menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

"Terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Bunda Mulia (YPBM) yang telah memberikan dukungan penuh," ucap Rektor UBM, Doddy Surja.

Akreditasi Unggul, bilang dia, menjadi semangat pihaknya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan. Lalu, bisa menjadi semangat UBM dalam berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia.

Direktur Pemasaran Universitas Bunda Mulia Young Dame R Napitupulu menambahkan, akreditasi Unggul ini diperoleh UBM melalui serangkaian proses akreditasi dan penilalan lapangan yang dilakukan oleh asesor BAN-PT.

Mulai dari visitasi, justifikasi dokumen, serta wawancara dengan semua stakeholder sivitas akademika di Kampus Ancol, Jakarta Utara. Pencapaian ini merupakan hasil dari penilaian berbagai aspek.

Baca juga: UPH Peroleh Akreditasi Unggul dari BAN-PT pada 20 Desember 2023

Termasuk visi, misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, kepemimpinan dan sistem pengelolaan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama, sarana dan prasarana, serta pembiayaan.

"UBM percaya dengan meraih peringkat akreditasi Unggul ini, UBM akan semakin dipercaya oleh masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas," jelas Young Dame.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Makassar Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT

UBM, sambung dia, akan terus berkomitmen menghasilkan lulusan-lulusan unggul yang berdaya saing global.

"Lalu siap mengisi kebutuhan industri ke depannya," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com