Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Muhammadiyah Makassar Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Kompas.com - 23/01/2024, 18:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah meraih predikat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Unismuh Makassar berhasil mengumpulkan poin sebanyak 368, menjadikannya sebagai perguruan tinggi yang mencapai predikat Unggul atau strata tertinggi dalam penilaian akreditasi.

Baca juga: Unisa Yogyakarta Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Keberhasilan ini disambut dengan bangga dan kebahagiaan oleh Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga, Irwan Akib.

Irwan menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas pencapaian ini, mengakui bahwa hasil tersebut merupakan buah dari kerja keras semua pihak yang terlibat.

"Sebagai mantan rektor Unismuh dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi pendidikan, tentu ada rasa gembira dan sekaligus rasa syukur yang mendalam atas capaian ini," kata dia dilansir dari laman Muhammadiyah, Selasa (23/1/2024).

Irwan juga menjelaskan bahwa Unismuh Makassar, dalam perjalanannya, terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), universitas tersebut konsisten menerapkan prinsip fastabiqul khairat, di mana semua proses akademik dan non-akademik dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip keunggulan.

"Sebagai AUM selama ini Unismuh Makassar terus memegang prinsip fastabiqul khairat. Semua proses akademik dan non akademik selama ini memang terus dilakukan sesuai prinsip-prinsip keunggulan," jelas Irwan.

Keberhasilan Unismuh Makassar mencapai predikat Unggul menjadi bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Baca juga: 37 PTN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga Awal 2024

Dengan penetapan Unismuh Makassar sebagai perguruan tinggi unggul, jumlah kampus Muhammadiyah yang meraih akreditasi unggul menjadi sembilan.

Selain Unismuh Makassar, kampus-kampus tersebut antara lain:

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  • Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka)
  • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
  • Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
  • Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Irwan Akib menyampaikan harapannya agar Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) lainnya dapat mengikuti jejak kedelapan kampus tersebut.

Menurut dia, kunci keberhasilan terletak pada kemampuan untuk melakukan inovasi, meningkatkan kreativitas, dan mendorong produktivitas.

Baca juga: UPH Peroleh Akreditasi Unggul dari BAN-PT pada 20 Desember 2023

"Ke depan kami berharap bahwa PTMA kita terus berupaya melakukan yang terbaik dalam proses akademik dan non-akademik. PTMA kita harapkan terus melakukan inovasi dan berkreasi melakukan yang terbaik, sebagaimana tagline PPM saat ini Unggul Berkemajuan. PTMA diharapkan menjadi pusat keunggulan dan pusat kajian strategis," pungkas Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com