Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog Unair Berikan Cara Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Kompas.com - 23/01/2024, 15:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siswa dan siswi SMA, MA, dan SMK sederajat sering dihadapkan pada tekanan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Keputusan ini bukan sesuatu yang mudah, mengingat adanya beragam pilihan jurusan di perguruan tinggi.

Disisi lain, banyak dari mereka yang belum mengetahui potensi diri sendiri, sehingga menyulitkan mereka mengambil keputusan untuk memilih jurusan kuliah.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah S1 Banyak Dicari BUMN

Psikolog Pendidikan Universitas Airlangga (Unair), Iwan Wahyu Widayat mengatakan, mengetahui dan mengembangkan potensi diri sejak dini merupakan hal yang penting.

Baginya, mengetahui potensi diri adalah langkah awal yang krusial dalam menentukan arah pendidikan tinggi dan karier masa depan.

"Dengan mengetahui potensi diri, kita bisa memahami secara lebih baik kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Hal ini dapat membantu untuk menentukan jenis karir atau jurusan pendidikan tinggi apa yang paling cocok berdasarkan potensi yang kita miliki tersebut," ujar dia dilansir dari laman Unair, Selasa (23/1/2024).

Iwan Wahyu menyoroti beberapa cara untuk mengetahui potensi diri. Antara lain, melihat dari pengalaman hidup kita sendiri, hal-hal apa saja yang kita sukai, aktivitas yang sering kita lakukan, dan memberikan prestasi terbaik atau upaya yang optimal.

Selain itu, kita juga dapat menjalani berbagai tantangan aktivitas yang berpeluang mampu mengungkap potensi yang kita miliki.

Misalnya, dengan banyak terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah atau organisasi luar sekolah dengan posisi tanggung jawab yang berbeda-beda.

"Selain itu, terlibat dalam beragam kegiatan dan meminta bantuan psikolog atau konselor sekolah juga bisa membuka wawasan lebih dalam tentang diri kita," ungkap dia.

Akan tetapi, tidak sedikit pula siswa yang sudah mengetahui potensi diri tapi masih kebingungan untuk memilih jurusan kuliah.

Menurut Iwan, hal ini dapat diantisipasi dengan menentukan sejak dini tujuan karier di masa depan. Namun, karier tersebut memiliki pengertian yang lebih luas. Ini berbeda dengan memilih pekerjaan atau profesi.

Baca juga: 12 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Apabila telah memiliki pilihan jurusan kuliah yang lebih spesifik, dapat mencari informasi rinci tentang pilihan karier yang dipilih.

Misalnya dengan berdiskusi dengan kerabat, tetangga, atau kenalan yang bekerja pada bidang yang menjadi pilihan karir tersebut. Bisa juga dengan membaca biografi orang atau tokoh tertentu yang bekerja pada bidang tersebut.

"Jangan ragu untuk berdiskusi dengan konselor sekolah atau psikolog pendidikan. Acara-acara seperti career expo atau job fair bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai profesi dan jurusan," jelas dia.

Dia berpesan, modal dasar yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier adalah kemampuan untuk terus belajar, meningkatkan diri, dan beradaptasi dengan perubahan.

Baca juga: 9 Cara agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah

"Dengan mengetahui dan mengembangkan potensi diri, serta tetap terbuka terhadap perubahan, mereka dapat memandu diri mereka menuju masa depan yang sukses dan memuaskan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com