Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2024, 07:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu punya mimpi ingin bekerja di perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Mungkin kamu perlu tahu ada sejumlah program studi (prodi) atau jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan BUMN.

Berdasarkan rekrutmen bersama BUMN yang digelar tahun 2023, jurusan atau prodi yang banyak dicari perusahaan BUMN tersedia mulai jenjang D3, D4, S1, dan S2, baik bidang Saintek maupun Soshum.

Bagi siswa SMA dan SMK sederajat yang ingin kuliah jenjang S1, kamu bisa memilih beberapa jurusan kuliah itu saat mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Berbagai jurusan kuliah di bawah ini dibutuhkan perusahaan milik BUMN, baik di sektor perbankan, infrastruktur, transportasi, hingga pengolahan sumber daya alam (SDA).

Baca juga: Pendaftaran PMB PTKIN Dimulai 22 Januari, Simak Jadwal Lengkapnya

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan milik BUMN, berikut 15 jurusan kuliah yang banyak dicari seperti dirangkum Kompas.com.

15 jurusan kuliah S1 banyak dicari BUMN

1. Akuntansi

Jurusan ini termasuk yang banyak dicari anak usaha BUMN. Semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan akuntansi untuk membantu perusahaan mengatur keuangan. Jadi, jurusan ini bisa dipilih siswa SMA saat SNBP atau SNBT 2024.

2. Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat lulusan jurusan Teknik Informatika banyak dicari perusahaan milik BUMN.

Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website, dan aplikasi perusahaan.

Beberapa BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang IT ini di antaranya, PT Jasa Marga, Industri Kereta Api (INKA), dan bank milik negara seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

3. Sistem Informasi

Sistem Informasi juga memiliki job desk yang sangat penting di perusahaan. Sistem Informasi akan berfokus pada pengelolaan informasi untuk mendukung operasional bisnis.

4. Ilmu Hukum

Setiap perusahaan memiliki bidang legal dan hukum yang mengurusi kepentingan terkait produk dan keputusan hukum.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com