Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OSN SD Mapel IPA Error, Kemendikbud Pastikan Ada Jadwal Ulang Tes

Kompas.com - 22/03/2024, 11:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah dasar SD, yang dimulai Rabu (20/3/2024) secara online mengalami error atau masalah.

Keluhan OSN SD error ini memenuhi kolom komentar media sosial Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud.

Kebanyakan peserta OSN 2024 mapel IPA mendapatkan masalah seperti layar hitam (blackout) tiba-tiba, sulit menggerakan kursor, dan log out sendiri.

Beberapa keluhan lain yang muncul misalnya jumlah soal yang lebih dari 60 butir soal, bahkan ada yang tiba-tiba soal terklik sendiri padahal tidak memilih soal.

Baca juga: Kisah Mulyoto, Mantan Kapolsek Jadi Maba S1 Tertua Berusia 61 Tahun

Sebelumnya, juga terdapat masalah pada Uji Coba dan Simulasi OSN tingkat Kabupaten dan Kota untuk jenjang SD dan MI pada 13 Maret lalu.

Saat itu kendala yang muncul karena banyaknya peserta yang mengakses dalam waktu dekat sebelum ujian, sehingga server tidak bisa diakses.

Puspresnas kemudian mengatasi masalah ini dengan penjadwalan ulang pada 18 Maret lalu.

Puspresnas jamin OSN IPA akan dijadwal ulang

Tim Puspresnas sudah memberikan tanggapan dari masalah ini.

Pelaksanaan OSN SD bidang IPA ini seharusnya berlangsung pada 20-21 Maret 2024. Namun karena ada masalah, terpaksa akan diganti tanggalnya. 

Dalam keterangannya, Tim Puspresnas sudah menerima setiap keluhan yang disampaikan oleh semua peserta dan pemangku daerah mengenai pelaksanaan tes OSN tingkat Kabupaten/Kota untuk jenjang SD secara daring, terutama pada bidang IPA.

"Kami sepenuhnya menyadari betapa pentingnya OSN ini bagi para peserta yang menyiapkan dengan matang, guru-guru yang telah bekerja keras, maupun para orang tua yang turut memberikan dukungan," tulis Tim Puspresnas, pada Kamis (21/3/2024) yang diunggah di laman resminya.

Baca juga: Ada Dua Kelompok Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT 2024

Kini tim Puspresnas langsung melakukan tinjauan menyeluruh terhadap sistem tes dan melakukan perbaikan secepatnya untuk memberikan solusi yang terbaik.

"Untuk OSN-K tingkat SD kami akan menyelenggarakan pelaksanaan tes ulang untuk semua peserta, dengan mengambil nilai terbaik. Ini agar Adik-adik bisa berkompetisi secara sehat dan adil, tanpa hambatan dan kendala sistem," tambahnya lagi.

Selanjutnya semua sistem seleksi OSN dalam proses evaluasi agar ke depan semua bisa berjalan lancar.

Pihak Puspresnas juga akan terus memberikan informasi dan perkembangan terbaru mengenai OSN melalui kanal Instagram resmi @puspresnas.

Baca juga: Beasiswa S1 Google 2024 Sudah Dibuka, Ada Tunjangan Rp 117 Juta

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com