Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus ASO School of Engineering Perkenalkan Prodi Perpaduan Pendidikan Tinggi dan Budaya Jepang

Kompas.com - 21/03/2024, 17:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Binus ASO School of Engineering (BASE), perguruan tinggi internasional yang berfokus pada bidang teknik, menghadirkan pendidikan tinggi yang unik dengan konsep budaya Jepang.

Bekerjasama dengan ASO College Group dari Jepang, BASE menawarkan 3 program studi unggulan yakni; Automotive and Robotics Engineering, Product Design Engineering, dan Business Engineering.

Dekan Binus Aso School of Engineering, Prof. Fergyanto menjelaskan (21/4/2024), hadir dengan konsep lingkungan budaya Jepang yang interaktif, kampus BASE juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai fasilitas terkini.

"Program disampaikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan pengajar bahasa Jepang dan Indonesia yang berpengalaman," ungkap Prof. Fergyanto.

Dia menjelaskan, setiap mahasiswa diberikan kesempatan memperoleh pengalaman dan menerapkan ilmu di luar negeri melalui summer course program di Jepang dan magang di industri Jepang atau multinasional. 

“Fasilitas dan nuansa ala Jepang yang didesain dalam Kampus BINUS ASO School of Engineering tentu akan membuat mahasiswa merasakan pengalaman seperti kuliah di Jepang,” ujar Prof. Fergyanto.

Lalu apa saja yang dipelajari dalam tiga program studi tersebut?

Automotive and Robotics Engineering

Program ini membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan menganalisis, merancang, dan membangun sistem elektronik mekanis dan otomatis untuk suku cadang otomotif dan proses manufaktur menggunakan alat desain yang digunakan dalam industri global saat ini.

Ini mencakup desain dan pengembangan sistem mekanis 3D, elektronik dan sistem komputer, sistem robotik dan otomasi, serta teknik otomotif dan operasi.

Kurikulum dirancang khusus untuk memberikan mahasiswa dasar-dasar sains yang diperlukan, dasar-dasar dalam komputer dan teknik mesin, dan keterampilan yang lebih terfokus dalam pengembangan otomotif, robotika, dan sistem otomasi.

Mahasiswa akan memiliki kesempatan mempelajari serangkaian keterampilan teknis khusus: pemodelan 2D dan 3D menggunakan Autocad dan CATIA, pembuatan prototipe, desain sirkuit untuk sistem tertanam, hingga pemrograman bahasa Assembly dan C untuk sistem tertanam.

Mahasiswa juga akan memperlajari pemrograman MATLAB untuk pemrosesan sinyal digital dan buatan intelijen, pemrograman labVIEW untuk sistem kontrol, pemrograman PLC, pemrograman robot industri, dan desain jaringan komputer perusahaan.

Baca juga: Lestarikan Lingkungan, Ta’aktana dan Binus Simprug Gelar Bersih Bajo

Selain itu, fasilitas untuk mendukung program Automotive & Robotics Engineering (ARE) yaitu; Lab Komputer, Lab Fisika, Lab Elektronika, Lab Drafting 2D, Lab CAD 2D & 3D, Lab Robotika, dan Lab Manufaktur.

Product Design Engineering

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com