Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Membangun Kelayakan Kerja dengan Magang Berkualitas

Kompas.com - 21/03/2024, 15:31 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Frangky Selamat*

KOMPAS (Jumat, 23 Februari 2024) mewartakan kesulitan lulusan kaum muda sekarang memperoleh pekerjaan formal yang layak.

Diberitakan juga bahwa tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2023, mencapai 5,32 persen atau berjumlah 7,8 juta orang. Walaupun menurun 0,54 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, secara jumlah tetap bukan angka yang kecil.

Tingginya angka pengangguran di kalangan muda terutama dari lulusan perguruan tinggi tentu amat memprihatinkan.

Jika ditilik lebih lanjut, kalangan pengguna, yaitu perusahaan kerap kali mengeluh mengenai kemampuan kerja (employability) yang tidak sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

Kemampuan kerja yang dimaksud tidak hanya terkait kompetensi bidang ilmu, tetapi juga menyangkut aspek interpersonal, yaitu kemampuan berkomunikasi, baik verbal maupun nonverbal.

Tampaknya tak dapat dihindari lagi, kemampuan kerja lulusan harus ditingkatkan agar dapat diterima dunia usaha. Magang (internship) menjadi salah satu sarana yang dianggap tepat untuk meningkatkan kemampuan kerja lulusan.

Penelitian sebelumnya menggarisbawahi peran penting magang sebagai alat utama untuk meningkatkan kemampuan kerja kaum muda.

Kaum muda tiga kali lebih besar kemungkinannya menjadi pengangguran dibandingkan orang dewasa (International Labour Organization, 2020).

Magang merupakan transisi dari dunia pendidikan ke pekerjaan dan dapat dikonseptualisasikan sebagai peristiwa transisi dalam pengembangan karier.

Magang mengarah pada transformasi intra dan antarindividu yang membantu generasi muda mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan tuntutan karier di masa depan.

Kemampuan kerja menyangkut keterampilan umum (beradaptasi, komunikasi, manajemen diri, fleksibilitas dan negosiasi), dan kemampuan mengembangkan kompetensi baru.

Kemampuan lain adalah menyangkut keadaan pribadi (kesehatan) dan modal sosial, karena dapat meningkatkan pengetahuan tentang pasar dan keterampilan presentasi diri.

Namun magang tidak akan efektif jika tidak didesain secara tepat. Tidak semua program magang dapat meningkatkan kemampuan kerja lulusan. Program magang harus dirancang khusus agar dapat memaksimalkan kemampuan kerja peserta magang.

Gomez dan kawan-kawan (2023) mengusulkan durasi magang, tingkat formalisasi dan penggunaan praktik motivasi khusus untuk meningkatkan kemampuan kerja peserta magang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com