Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dua Kelompok Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT 2024

Kompas.com - 22/03/2024, 11:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tidak semua siswa bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 yang pendaftarannya dibuka Kamis (21/3/2024).

Ada dua kelompok siswa yang memang tidak diperbolehkan daftar sesuai ketentuan dari tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. 

Ketua tim penanggung jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, Prof Ganefri menjelaskan bahwa ada beberapa kelompok siswa yang tidak bisa mendaftar jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan tes ini.

Baca juga: Pusat UTBK 2024 Ditambah, Simak Daftar 42 Lokasi Terbaru

Pembatasan ini dimaksudkan agar kuota semua jalur bisa terpenuhi secara maksimal.

Sebagai informasi, di tahun 2024 ada tiga jalur masuk PTN. Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau yang dikenal jalur non tes. Lalu SNBT, dan terakhir jalur mandiri PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

"Intinya itu adalah kita menekan angka pendaftaran ulang yang lulus SNBP, SNBT, maupun mandiri bisa meningkat," ujar Prof Ganefri saat peluncuran SNPMB 2024 beberapa waktu lalu melalui Youtube Kemendikbud.

2 kategori siswa yang tidak bisa daftar UTBK SNBT 2024

Berdasarkan aturan pada tahun ini, ada dua kategori siswa yang tidak bisa mendaftar, yaitu:

1. Lulus pada jalur seleksi sebelumnya

Peserta yang sudah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tidak bisa mendaftar SNBT 2024.

Baca juga: Aturan SNBT 2024: Pilihan Prodi Pertama dan Kedua Urutannya Bebas

Begitu pula peserta yang telah dinyatakan lulus SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024 Aturan ini juga masih sama dengan pelaksanaan tahun lalu.

"Kita ingin memberikan ruang kepada masyarakat untuk mereka mendapatkan kesempatan agar bisa (mendaftar) di SNBP maupun SNBT," sambung Prof Ganefri.

2. Melebihi batas usia

UTBK SNBT 2024 bisa didaftar oleh lulusan tahun 2022. Kesempatan ini dikhususkan bagi siswa gap year atau yang menunda kuliah.

Termasuk siswa paket C juga bisa mendaftar UTBK SNBT. Namun siswa gap year atau lulusan tahun 2023, 2022, dan siswa paket C hanya boleh mendaftar dengan batas usia maksimal 22 tahun per 1 Juli 2024.

Bila peserta melebihi batas usia maksimal tersebut, mereka tidak diperbolehkan mendaftar SNBT 2024.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com