Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida Partisipasi Dukung Program Sembako Murah untuk Warga Kelurahan Jelambar Baru

Kompas.com - 19/03/2024, 13:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Universitas Tarumanagara, dan Universitas Trisakti menunjukkan kepedulian sosialnya kepada masyarakat sekitar kampus dengan berpartisipasi dalam penjualan sembako murah di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kecamatan Grogol Petamburan yang menghimpun berbagai pemangku kepentingan untuk membantu warga dengan menyediakan sembako murah.

Selain perguruan tinggi, pihak swasta seperti JNE, SOHO, Madison Park, Central Park, dan Morin juga turut berkontribusi.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah situasi ekonomi yang menantang.

Kepala Unit Protokoler Ukrida Dewi Kumalasari (19/4/2023) menjelaskan, kolaborasi antara perguruan tinggi dan berbagai pihak ini menunjukkan komitmen bersama dalam membangun kepedulian sosial dan mewujudkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

"Kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat sekaligus merupakan wujud bakti Ukrida dalam peduli dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat," tegas Dewi Kumalasari.

Dewi menyampaikan dalam program Sembako Murah terkumpul lebih dari 1.000 paket sembako murah dari perguruan tinggi dan juga sektor swasta masing-masing terdiri dari lima kilogram beras, dua liter minyak, satu kilogram tepung terigu, dan satu kilogram gula.

"Adapun yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah warga dari Kelurahan Jelambar Baru dan Kelurahan Tanjung Duren Selatan, dimana kedua kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Grogol Petamburan," jelas Dewi.

Kegiatan pertama dilakukan di Kelurahan Jelambar Baru dan Ukrida mengambil bagian dari bakti sosial yang dilakukan di kelurahan ini. Kegiatan digelar pada 7 Februari 2024 dengan bantuan pihak kelurahan dalam penentuan warga yang layak menerima bantuan.

Dari pendataan yang dilakukan dan melalui proses seleksi dengan benar akan keberadaan warga yang layak untuk bisa membeli, kemudian diberikan kupon pembelian. Kupon inilah yang nantinya akan ditukarkan untuk pembelian sembako murah.

"Antusias masyarakat di kedua kelurahan tersebut sangat besar, di mana warga sudah berkumpul sebelum pelaksanaan kegiatan. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Camat Grogol Petamburan, Agus Sulaeman," ungkap Dewi.

Masyarakat dengan tertib mengikuti instruksi dari petugas untuk berbaris dan menyiapkan kupon dan uang pembelian. Dalam waktu yang tidak lama, sembako habis terbeli oleh masyarakat.

"Tentunya ini berhasil karena kerja sama yang baik dari pemangku masyarakat, dari Kecamatan, Kelurahan, Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT), dan juga warga itu sendiri," kata Dewi.

Baca juga: Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pemkot Tangerang Teken MoU dengan 8 Universitas di Tangerang Raya 

Dia menambahkan, "masyarakat yang membutuhkan sangat terbantu dengan penjualan sembako murah ini. Kerja sama seluruh masyarakat juga dirasakan, yang terlihat dengan tidak adanya keberatan warga lain yang tidak termasuk dalam penjualan 1.000 sembako murah ini."

"Harapan masyarakat tentunya agar kondisi demikian tidak berlangsung lama, dan pemerintah benar-benar mengupayakan kebutuhan pokok, sehingga masyarakat dapat menikmati sembako, termasuk beras ini dengan mudah dan harga yang terjangkau," tutup Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com