Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasi Konsep Tri Dharma dan Keberlanjutan, PresUniv Naik Peringkat di UI GreenMetric

Kompas.com - 18/03/2022, 10:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Peringkat UI GreenMetric PresUniv naik delapan peringkat dari posisi ke-69 menjadi ke-61. UI GreenMetric sendiri merupakan pemeringkatan universitas dengan melihat aspek-aspek kepedulian terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan.

"Kenaikan peringkat ini bukti keseriusan komitmen PresUniv untuk membuat kampusnya menjadi lebih hijau dan lestari," ungkap Temmy Wikaningrum, Ketua Tim GreenMetric PresUniv melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (17/3/2022).

Sebagai universitas berskala internasional, lanjut Temmy, pihaknya peduli terhadap fenomena pemanasan global akibat ulah manusia yang merusak lingkungan.

"Untuk itu PresUniv berkomitmen mengurangi kegiatan-kegiatan yang merusak lingkungan, terutama di sekitar kampus yang berada di kawasan industri Jababeka, sebuah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara," ungkap Temmy.

"Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan keikutsertaan PresUniv dalam UI GreenMetric sejak tahun 2018. Keikutsertaan tersebut merupakan komitmen berkelanjutan dari PresUniv dalam upaya menjadikan kampusnya lebih hijau dan lestari," tegasnya.

Hasil dari keseriusan dalam menjalankan komitmen tersebut, tahun 2021 PresUniv berhasil mengalami kenaikan peringkat di UI GreenMetric.

Di tingkat nasional, PresUniv berhasil menempati peringkat ke-61 (dari 101 universitas), naik delapan peringkat dari tahun sebelumnya ada di posisi ke-69 (dari 87 universitas). Masih pada tahun yang sama, untuk level internasional, posisi PresUniv naik menempati peringkat ke-664 (dari 956 universitas di seluruh dunia).

Kenaikan peringkat itu terjadi karena selama tahun 2021 PresUniv berhasil memperoleh skor 4.625 poin. Sementara, tahun sebelumnya skor PresUniv baru mencapai 2.700 poin.

Indikator penilaian

UI GreenMetric memiliki lima indikator penilaian, yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, dan education.

Baca juga: Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan di Situs Warisan Sejarah, Gerakan Siap Darling Luncurkan Web Series “Jumpa”

 

Pada tahun 2021, akibat adanya pandemi Covid-19, UI GreenMetric menambahkan lagi 13 kriteria penilaian, yakni enam indikator setting and infrastructure, satu indikator untuk water, dua pada indikator energy and climate change, dan empat pada indikator education.

"Tim GreenMetric PresUniv melakukan upaya-upaya secara menyeluruh pada semua indikator penilaian untuk mencapai keberhasilan," ungkap Temmy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com