Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia di Atas 25 Tahun Bisa Kuliah S1 di Kampus Negeri? Cek 3 PTN Ini

Kompas.com - 18/03/2024, 14:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bisa kuliah S1 di perguruan tinggi negeri (PTN) adalah mimpi banyak orang.

Namun, tak semua orang beruntung masuk PTN, karena beberapa faktor. Misalnya, biaya ekonomi dan usia yang tak lagi muda.

Terkait batas usia, rata-rata PTN hanya menerima tiga angkatan terakhir saat seleksi dibuka atau siswa paket C dengan usia maksimal 25 tahun.

Meski ada yang memiliki batas usia maksimal 25 tahun, tapi ada tiga PTN yang menerima calon mahasiswa baru S1 dengan usia di atas 25 tahun.

Baca juga: 4 PTN dengan Uang Pangkal Kedokteran Jalur Mandiri di Bawah Rp 150 Juta

Bahkan kamu bisa mendaftar ketiga PTN ini melalui jalur mandiri. Mana saja PTN ini? Simak informasi yang dilansir dari masing-masing laman PTN.

1. Universitas Terbuka (UT)

UT kampus yang sudah memiliki status PTN-BH sejak lama yang menerima calon mahasiswanya bisa di atas 25 tahun. Itu terlihat, banyak lulusan S1 dari kampus ini yang berusia sampai 70 tahun.

UT memiliki program kuliah online dan tatap muka. Jadi cocok bagi para pekerja yang ingin meneruskan pendidikan tinggi. Karena, kuliah di UT ada yang dibuka pada hari Sabtu dan Minggu.

UT memiliki 34 program S1 dan 2 program vokasi atau D3. Semuanya berada dalam empat fakultas.

Yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP).

Lokasi UT tersebar di 40 wilayah. Di mana cabang UT di berbagai lokasi disebut UT Daerah.

Adapun fungsi dan tugas UT Daerah adalah sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik. Untuk kegiatan sehari-hari, UT Daerah mempunyai tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh.

Informasi lengkap mengenai UT, kamu bisa mengeceknya pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id/.

Baca juga: Nilai Rerata UTBK SNBT 2024 Masuk 20 PTN, Siapa yang Paling Tinggi?

2. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh)

ISBI Aceh membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat dua jalur mandiri.

Pertama, melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat) yang dibuka bulan Mei. Lalu yang kedua, jalur seleksi mandiri khusus masuk ISBI Aceh.

Pada persyaratan SMMPTN Barat, ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir, yaitu mulai ijazah dari tahun 2015 sampai dengan 2024 dan siswa dengan ijazah Paket C maksimal umur 35 tahun.

Sementara untuk jalur seleksi mandiri khusus ISBI, yakni khusus seniman dan budayawan bisa mendaftar tanpa batas usia. Namun, harus dibuktikan dengan ijazah dan surat keterangan/rekomendasi dari organisasi profesi seperti Dewan Kesenian Aceh (DKA) Majelis Adat Aceh (MAA), Komite Seni Budaya Nasional (KSBN), dan sejenisnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com