Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LLN UT Gelar OSMB Daring, Bantu Diaspora Indonesia Hadapi "Culture Shock" PJJ

Kompas.com - 17/03/2024, 17:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) melalui Layanan Luar Negeri (LLN UT) menyelenggarakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) bagi diaspora Indonesia di Jepang, Amerika, Eropa, dan Asia.

Acara yang dilangsungkan secara daring pada 17 Maret 2024 ini bertujuan membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dan strategi dalam menghadapi culture shock atau gegar budaya yang sering kali muncul dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Diikuti 1.011 mahasiswa baru, OSMB UT LLN terbagi menjadi dua sesi untuk menyesuaikan zona waktu. Sesi pertama diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia di Jepang diikuti 890 orang, sedangkan sesi kedua diikuti 121 mahasiswa di wilayah Amerika, Eropa, dan Asia.

Melalui video sambutan, Rektor UT Prof. Ojat Darojat mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang bergabung di UT.

"Sekarang Saudara menjadi bagian keluarga besar yang menjunjung tinggi kejujuran akademik, keluhuran budi pekerti, jiwa sosial, dan nilai-nilai kemanusiaan dengan didukung tenaga edukatif dan tenaga kependidikan yang luar biasa dan selalu siap membantu selama Saudara kuliah di UT," ungkapnya.

Prof. Ojat berharap mahasiswa baru tetap menjaga komitmen belajar dan bekerja keras. "Manfaatkan layanan akademik yang tersedia. Saya berharap Saudara dapat menjadi orang hebat seperti 1,8 juta alumni UT yang tersebar di Tanah Air dan mancanegara," tambahnya.

Dalam OSMB wilayah Amerika dan Eropa, Direktur LLN UT, Pardamean Daulay menginformasikan jumlah mahasiswa UT di luar negeri telah mencapai 5.316 orang, baik mahasiswa baru maupun on going (dalam proses belajar) dan tersebar di lebih dari 50 negara.

"UT merupakan perguruan tinggi negeri sudah menjadi PTN BH (badan hukum) yang secara khusus menerapkan pembelajaran jarak jauh, mandiri, dan fleksible. Sistem pembelajaran ini sangat cocok bagi teman-teman yang sedang bekerja dan melanjutkan studi di luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Capai Lebih Dari 10.000 Mahasiswa Baru, UT Jakarta Gelar OSMB Semester Genap 2023-2024 secara Meriah

Pardamean menjelaskan, sistem PJJ di UT tidak mudah karena masih asing bagi mereka yang terbiasa belajar secara konvensional tatap muka.

"Sistem pembelajaran di UT menghendaki teman-teman mahasiswa belajar mandiri, memotivasi diri, mengelola waktu sendiri, dan menghadapi atau mengelola permasalahan sendiri," kata Pardamean.

OSMB LLN UT Amerika, Eropa, dan Asia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com