Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Seleksi Mahasiswa Baru 2024, 53 Politeknik Swasta Gelar Sosialisasi

Kompas.com - 25/02/2024, 14:08 WIB
Risky Permana Hidayat,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkumpulan Politeknik Swasta Indonesia (Pelita) meresmikan jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Swasta (SBMPS) 2024 yang serentak dibuka pada 4 Maret 2024.

Program seleksi bersama ini menjadi salah satu strategi baru Pelita untuk terus mengembangkan mutu pendidikan ilmu vokasi berdasarkan kualitas dan kuantitas calon mahasiswa baru.

Tak hanya itu, dalam meningkatkan jumlah calon mahasiswa baru, Politeknik Swasta yang bergabung pada pelita juga akan membuka beasiswa khusus bagi calon mahasiswa baru dan melakukan kegiatan akademika praktik dengan mendatangkan narasumber hebat kedalam kegiatan belajar untuk menarik perhatian calon mahasiswa.

Pasalnya, hingga saat ini tidak sedikit mahasiswa yang belum mengenal Politeknik Swasta, lantaran calon mahasiswa lebih berlomba-lomba untuk memperebutkan perguruan tinggi negeri melalui program seleksi yang disediakan oleh pemerintah.

Baca juga: MNP dan 31 Politeknik Swasta Deklarasikan Berdirinya Pelita Indonesia

"SBMPS Ini merupakan tahun pertama, setelah 2 tahun tidak ada seleksi bersama, SBMPS ini adalah program nekat dari Pelita, walaupun masih banyak kurang nya kami tidak berfokus pada tata pengelolaan namun pada citra dan kualitas Politeknik Swasta untuk menambah jumlah mahasiswa baru sebagai upaya bersama, karena kami tahu bahwa biasanya Politeknik Swasta di jadikan second choose position oleh mahasiswa baru yang tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri," ujar Akhwanul Akhmal Ketua Umum Pelita pada sesi memberikan sambutan.

Edi Tri Prayitno selaku ketua tim program SBMPS menambahkan, ada 3 tujuan program SBMPS. Pertama memperkenalkan pilihan studi lanjut pada politeknik swasta yang ada di indonesia, kedua sebagai upaya bersama untuk peningkatan penerimaan mahasiswa baru dan membuka peluang kerjasama baru antara anggota politeknik swasta di Indonesia.

Baca juga: UPJ dan ITC Bersinergi Perkuat Politeknik Swasta Indonesia lewat Program Erica

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com