Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kompas.com - 17/01/2024, 14:35 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun perlu diketahui siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan milik Kemenhub (Kementerian Perhubungan) yang satu ini.

Politeknik Perkeretaapian Indonesia berlokasi di Jalan Tirta Raya, Kota Madiun, Jawa Timur. Sekolah kedinasan milik Kemenhub menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit para lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan.

Lulusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia bisa bekerja mengabdi di pemerintahan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional. Sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN, Lulus Jadi CPNS

Syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Bagi siswa yang tahun 2024 ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Perkeretaapian Indonesia, perlu tahu apa saja syarat masuknya.

Dilansir dari laman resminya, berikut syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia mengacu pada penerimaan sekolah kedinasan Kemenhub 2023:

  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
  • Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas)
  • Dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)


Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Kedinasan BMKG, Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas:

  • Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2022 bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
  • Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat(hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/I Papua/Papua Barat), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template

Setelah tahu syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia, ketahui jurusan yang tersedia hingga kriteria pendaftarnya:

1. D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

2. D3 Teknologi Elektro Perkeretapian (TEP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

3. D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA/IPS sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik.

4. D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Jurusan terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Perkapalan dan Teknologi Pesawat Udara (kecuali Aircraft Electricity dan Aviation Electronics).

Baca juga: Ada 6.027 Formasi di Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024, Lulus Jadi CPNS

Demikian informasi mengenai syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia yang perlu dipersiapkan siswa lulusan SMA/MA sederajat.

Informasi lengkap mengenai penerimaan taruna taruni Politeknik Perkeretaapian Indonesia bisa dibaca lewat laman https://sipencatar.dephub.go.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com