Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor PresUniv Ungkap 3 Faktor Kunci Menarik Minat Mahasiswa Internasional

Kompas.com - 23/02/2024, 18:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor President University (PresUniv) Handa S. Abidin mengungkapkan jumlah mahasiswa internasional di PresUniv mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahunnya.

Sudah tujuh tahun berturut-turut, sejak tahun 2017 hingga 2023, President University berhasil mempertahankan capaian sebagai perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak se-Indonesia untuk tingkat sarjana.

Lebih jauh Handa menambahkan, hal ini tergambar dalam data izin belajar bagi mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia dan dapat diakses melalui laman resmi https://izinbelajar.kemdikbud.go.id/.

Data ini secara resmi dipublikasi Direktorat Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.   

Data terbaru dari Direktorat Kelembagaan, yang dikutip pada Februari 2024, mengungkapkan bahwa sebanyak 2.999 mahasiswa asing memperoleh izin belajar di Indonesia. Mereka kuliah di 279 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Dari jumlah seluruh mahasiswa asing tersebut, sebanyak 9,3% di antaranya memilih kuliah untuk di President University.

Rasio tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gambaran, pada tahun 2017 ada 6,9 persen dari seluruh mahasiswa asing yang memilih kuliah tingkat S1 di President University.

Lalu, setahun kemudian presentasenya meningkat lagi menjadi 7,2 persen, dan menjadi 8,3 persen pada 2019.

Untuk tahun 2020, Direktorat Kelembagaan tidak mempublikasikan data tersebut akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia.

Baca juga: KPPU Panggil 4 Perusahaan Pinjol soal Pinjaman Uang Kuliah Mahasiswa

 

Memasuki tahun 2021, oleh karena masih dalam suasana pandemi, rasio jumlah mahasiswa asing yang kuliah di President University menurun menjadi 5,3 persen. Setahun kemudian rasio tersebut melonjak lagi menjadi 8,8 persen dan bahkan pada 2023 rasionya naik lagi menjadi 9,3 persen.

Tiga Faktor Kunci Menarik Mahasiswa Internasional

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com