Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UP Jaring Pemilihan Rektor Periode 2024-2028

Kompas.com - 05/02/2024, 18:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pancasila (UP) mulai melakukan penjaringan Bakal Calon Rektor baru periode 2024-2028, karena akan berakhirnya masa bakti rektor yang saat ini masih menjabat.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) sekaligus Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Prof. Muhammad Anis menyampaikan, pemilihan rektor periode 2024-2028 terbuka untuk umum.

Baca juga: Handa S. Abidin Dilantik Jadi Rektor President University di Usia 38 Tahun

"Perubahan di dunia terjadi begitu cepat, untuk itu Rektor UP di masa mendatang dituntut memiliki kemampuan untuk memiliki sense of business di era teknologi untuk membawa UP masuk pada persaingan global sesuai dengan visi dan misi UP," kata dia dilansir dari laman resminya, Senin (5/2/2024).

Lalu, kata dia, adanya berbagai program pendidikan yang visioner dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta tuntutan bersaing secara global adalah bagian dari pertimbangan untuk mengadakan pemilihan terbuka.

"UP mengundang tidak terbatas pada kalangan akademisi namun juga para ASN, TNI/POLRI, Swasta/Umum yang memahami tantangan dunia pendidikan serta memiliki kompetensi memimpin," kata Prof. Anis yang pernah menjabat sebagai Rektor UI periode 2014-2019.

Prof. Anis mengatakan, sebenarnya di antara sivitas academica UP terdapat calon yang potensial dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan, sehingga bisa ikut serta dalam seleksi.

Namun dengan semangat keterbukaan dan kolaboratif, Pengurus YPPUP perlu membuka kesempatan bagi calon eksternal yang potensial untuk menjadi Rektor Universitas Pancasila.

Prof. Anis menjelaskan, pada pemilihan Rektor UP kali ini, Yayasan fokus dengan figur pemimpin yang memiliki karakteristik agile, memahami perkembangan digital dan jiwa kewirausahaan.

Dengan begitu, dapat membangun organisasi yang responsif, inovatif, dan adaptif terhadap era perubahan lingkungan yang cepat dan dinamis.

Pada kesempatan ini, Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UP mengundang calon untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Rektor UP masa bakti 2024-2028.

Baca juga: Rektor: Lulusan Undip Cepat Dapat Pekerjaan

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, pendaftar dapat langsung mengunduh di https://univpancasila.ac.id/pemilihan-rektor-universitas-pancasila-2024-2028/.

Pada website terdapat informasi mengenai persyaratan umum dan persyaratan khusus: akademisi, ASN, TNI/ Polri, Swasta/Umum.

Panitia di sekretariat akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Adapun jadual tahapan Pemilihan Rektor UP dilakukan seperti berikut:

1. Proses Pendafaran Bakal Calon Rektor (BCR): 1 Februari - 1 Maret 2024. Pegumpulan Berkas terakhir adalah 1 Maret 2024 (maksimal jam 16.00).

Baca juga: Iwan Taruna Kembali Jadi Rektor Unej untuk Periode 2024-2028

2. Proses Seleksi, terdiri dari:

  • Seleksi Tahap 1: 4-14 Maret 2024 penetapan nama-nama BCR Terpilih.
  • Seleksi Tahap 2: 15 Maret – awal April 2024, asesmen psikologi BCR Terpilih.
  • Seleksi Tahap 3: 22-25 April 2024 penetapan nama Calon Rektor.
  • Seleksi Tahap 4: 26-30 April 2024, penetapan Rektor Terpilih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com